atas1

Saat Istri Mantan Menteri Pamerkan Lukisannya

Jumat, 10 Jan 2020 | 23:18:38 WIB, Dilihat 197 Kali
Penulis : Sari Wijaya
Redaktur

SHARE


Saat Istri Mantan Menteri Pamerkan Lukisannya Yeni Fatmawati didampingi Fahmi Idris dan pelukis Joko Pekik foto foto bersama saat pembukaan pameran di Rumah Budaya Tembi, Jumat (10/01/2020) malam. (sari wijaya/koranbernas.id)

Baca Juga : Pansa FC Bantul Siap Hadapi Calon Kuat Juara WPFL


KORANBERNAS.ID, BANTUL –  Sastra bulan Purnama edisi 100 berlangsung Jumat (10/01/2020)  malam di Tembi Rumah Budaya Jalan Parangtritis KM 8,5 Sewon Bantul.

Kali ini acara itu terasa spesial karena  bersamaan dengan pembukaan Pameran tunggal Mozaik Kehidupan  karya Yeni Fatmawati. Yeni merupakan istri dari mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris. Inilah pameran yang menampilkan kolaborasi puisi dan seni rupa.

Pameran yang  dibuka kurator Suwarno Wisetrotomo itu berlangsung hingga 17 Januari mendatang. Pembukaan ditandai pembacaan puisi oleh Yenni Fatmawati, seorang penyair sekaligus perupa dari Jakarta. Tampil pula penyair Landung Simatupang.

Ada juga dialog puisi terpasung Naning Pranoto, Dhenok Kristiani maupun musikalisasi puisi oleh grup 'Berdua Saja' mengolah puisi berjudul Suluh dan Jiwaku karya Yeni yang juga istri dari mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris tersebut.

Suwarno Wisetrotomo mengatakan seni rupa masih identik dengan kemaskulinan. Sungguh tidak mudah bagi seniman berkarya seni rupa apalagi perempuan.

"Ini unik, betapa perempuan memiliki peran kompleks sebagai istri dan ibu dengan perkara domestik yang banyak. Maka saat perempuan bisa melukis atau berseni rupa mereka adalah perempuan tangguh, lebih tangguh dari pria pelukis," katanya.

Karya lukisan yang dipamerkan Yeni, lanjut Suwarno, merupakan obyek material yang menarik seperti capung, angsa, kupu-kupu maupun kucing yang bukan hewan tangguh tetapi dihadirkan dalam kanvas dengan penuh rasa yang dalam. Lukisan itu sampai ulu hati yang menonton.

Kepada koranbernas.id, Yeni mengatakan obyek lukisanya memang hewan yang lemah namun sangat indah dan penuh filosofi.

"Seperti capung usianya pendek namun memberi keindahan. Jadi filosofinya kita hidup harus memberi manfaat bagi orang lain," katanya. Terdapat 10 karya yang dipamerkan ditambah 2 lukisan pribadi termasuk lukisan diri sang suami, Fahmi Idris. (sol)



Jumat, 10 Jan 2020, 23:18:38 WIB Oleh : Rosihan Anwar 120 View
Pansa FC Bantul Siap Hadapi Calon Kuat Juara WPFL
Jumat, 10 Jan 2020, 23:18:38 WIB Oleh : Rosihan Anwar 104 View
Bima Perkasa Terima Pil Pahit Seri Perdana IBL
Jumat, 10 Jan 2020, 23:18:38 WIB Oleh : W Asmani 244 View
Guru Harus Terus Asah Kemampuan, Kenapa?

Tuliskan Komentar