atas

Pedagang Pasar Gentongan Terganggu Bau Sampah

Sabtu, 15 Des 2018 | 22:41:50 WIB, Dilihat 128 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


Pedagang Pasar Gentongan Terganggu Bau Sampah Seorang pedagang membuang sampah di dalam gerobak sampah di komplek Pasar Gentongan Kalikotes. (masal gurusinga/koranbernas.id)

Baca Juga : Tapak Sejarah Yogyakarta Perlu Perhatian Serius


KORANBERNAS.ID -- Para pedagang Pasar Gentongan Kalikotes Klaten mengeluhkan langkah pengelola pasar yang menampung sampah pedagang di dalam komplek pasar. Keberadaan sampah tersebut mengganggu kenyamanan pedagang saat berjualan.

Ditemui di Pasar Gentongan, Sabtu (15/12/2018), para pedagang mengatakan dijadikannya pojok pasar sebagai tempat penampungan sampah sebagai dampak dari dilarangnya pengelola pasar membuang sampah di TPS pinggir jalan samping Pasar Gentongan beberapa bulan lalu.

Pelarangan oleh pemilik lahan lokasi TPS berdiri itu ternyata menimbulkan dampak yang begitu besar terhadap aktivitas di pasar desa itu.

"Sekitar dua bulan lalu sudah tidak boleh buang sampah di sana (TPS). TPS dibongkar dan sekarang sampah ditampung di pojok pasar. Itu pun menimbulkan bau dan mengganggu pedagang yang berjualan di sampingnya," kata beberapa padagang.

Senada dikemukakan Kepala Unit Pasar Gentongan, Suroso. Saat dihubungi melakui telepon selularnya, dia mengakui sampah pedagang saat ini ditampung di salah satu tempat di komplek pasar.

Sebab di TPS lama sudah tidak diperbolehkan lagi oleh pemilik lahan sebagai tempat membuang sampah.

Meski telah dilarang membuang sampah di TPS namun Suroso mengaku tidak ada masalah karena pihak Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Klaten rutin mengambil sampah tersebut.

"Hanya saja kendala di lapangan kendaraan pengangkut sanpah tidak bisa langsung masuk ke lokasi penampungan sampah karena terhambat kios dan los. Alternatifnya sampah ditampung di dalam keranjang dan diangkut menggunakan getobak menuju truk sampah," terang Suroso.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Klaten Didik Sudiarto menjelaskan sudah ada dua bulan pemilik lahan berdirinya TPS melarang sampah pasar dibuang di sana.

Karena dilarang itulah pihak pengelola pasar mengambil langkah menampung sampah di dalam pasar.

Pasar Gentongan merupakan pasar desa milik Pemerintah Desa Jogosetran Kecamatan Kalikotes. Meski pasar milik desa namun dikelola oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM dengan sistem bagi hasil hingga tahun 2015.

Pemerintah Desa Jogosetran pernah mengajukan permohonan pengelolaan pasar tersebut ke Bupati Klaten namun hingga kini tidak kunjung dikelola desa. (sol)



Sabtu, 15 Des 2018, 22:41:50 WIB Oleh : Dwi Suyono 192 View
Tapak Sejarah Yogyakarta Perlu Perhatian Serius
Jumat, 14 Des 2018, 22:41:50 WIB Oleh : W Asmani 160 View
Jogja Menari Berhadiah Satu Unit Mobil
Jumat, 14 Des 2018, 22:41:50 WIB Oleh : Sholihul Hadi 2097 View
Alumni UGM Nyatakan Kepemimpinan Jokowi Layak Dilanjutkan

Tuliskan Komentar