Minggu, 13 Jun 2021,


panitia-pilkades-kembalikan-uang-pendaftaranKades terpilih yang juga petahana Gunawan (tengah) menerima uang pengembalian Rp 10juta. (istimewa)


Wahyu Nur Asmani EW
Panitia Pilkades Kembalikan Uang Pendaftaran

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Pemungutan uang pendaftaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kemiri Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo akhirnya diselesaikan secara kekeluargaan.


Panitia menyadari kesalahannya kemudian mengembalikan uang pendaftaran kepada tiga peserta pikades, masing-masing Rp 10 juta.

  • Tiga Gunungan Ini Tarik Wisatawan

  • Pengembalian uang oleh panitia pilkades bersama unsur BPD setempat dilakukan dengan mendatangi rumah ketiga peserta pilkades yakni Mujiyono, Arifin Haris dan Gunawan, Rabu malam (12/5/2021).

    Selain mengembalikan uang pendaftaran, panitia juga membatalkan rencana penarikan dana sebesar Rp 24 juta kepada kades terpilih yang juga petahana, Gunawan.


    Ketua Panitia Pilkades Kemiri, Dedi Malisi, saat dikonfirmasi menyatakan benar panitia telah melakukan pemungutan uang pendaftaran pada awal tahapan pilkades Februari silam.


    Penarikan uang pendaftaran saat itu telah disepakati oleh para calon disaksikan unsur BPD. “Ya dibilang benar memang benar, panitia mengadakan penarikan setelah masa pendaftaran dan telah disepakati sebelumnya. Pas kesepakatan dihadiri BPD, Pak Mujiyono dan Arifin Haris, tapi Pak Gunawan tidak hadir,” sebutnya.


    Panitia menyadari penarikan uang pendaftaran yang rencananya untuk pembiayaan pilkades itu menyalahi regulasi. Panitia dan BPD pun sepakat mengembalikannya. “Panitia sudah minta maaf dan semua calon menerima,” kata Dedi.

    Terpisah, Kades terpilih Gunawan mengaku sudah menerima pengembalian Rp 10 juta tersebut dari panitia. Pihaknya menyatakan sudah menerima permintaan maaf dari panitia. “Uang sudah saya terima. Saya tanya calon yang lain saya tanya juga sudah dikembalikan,” ujarnya.

    Saat pengembalian uang tersebut seluruh pihak telah menyepakati persoalan selesai secara kekeluargaan dan tidak berlanjut ke ranah hukum.

    Gunawan sebagai Kades terpilih berharap kejadian ini menjadi pembelajaran bersama. “Tidak ada tuntut-tuntuan. Ini agar ke depannya kondusif. Kejadian ini menjadi pembelajaran agar ke depan penyelenggaraan apapun harus sesuai aturan yang berlaku,” tandasnya.

    Arifin Haris mengaku telah menerima uang pengembalian dari panitia. Selain telah memaafkan panitia, Haris juga menyatakan legawa dengan hasil pilkades. “Benar, sudah saya terima. Sudah clear damai. Saya juga menerima hasil pilkades,” ucap Haris. (*)



    SHARE


    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini