Selasa, 27 Okt 2020,


tingkatkan-kualitas-umkm-demi-tumbuhkan-ekonomiWakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH (batik coklat) meninjau produksi UMKM Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo. (istimewa)


W Asmani

Tingkatkan Kualitas UMKM Demi Tumbuhkan Ekonomi


SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan usaha ekonomi produktif yang menjadi sandaran hidup sebagian masyarakat Indonesia dan memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi. Sehingga Pemerintah terus berupaya agar UMKM bisa berkembang, salah satunya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Peluang ini diharapkan akan memacu para pelaku UMKM untuk lebih meningkatkan kualitas produknya.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH pada kegiatan rapat koordinasi UMKM se Kecamatan Ngombol, di Desa Pejagran Ngombol pada Kamis (10/9/2020). Turut mendampingi Kepala KUKMP Drs Bambang Susilo, Camat Ngombol Nurfiana SSTP MM, Kepala Desa Pejagran Robi Marantika, dan pengurus UMKM. 


Baca Lainnya :

Humas dan Protokol Sekda Purworejo Yuli Hastuti mengatakan, kualitas produk juga akan mendukung kemudahan dalam pemasarannya. Produk UMKM Purworejo juga cukup banyak yang sudah bekerjasama dengan sejumlah swalayan di Purworejo untuk pemasarannya. Tentu UMKM yang belum bekerjasama dengan swalayan, bisa terus difasilitasi agar produknya dapat merambah ke swalayan.

Bahkan Ngombol termasuk yang berdekatan dengan adanya bandara internasional. Peluang ini supaya dimanfaatkan untuk ikut mempromosikan produk UMKM. Termasuk keberadaan kios-kios di sepanjang jalan deandels, juga dapat diajak kerjasama dalam hal pemasaran produk UMKM. Selain itu juga dapat bekerjasama showroom UMKM Kabupaten Purworejo yang telah disediakan tempat khusus memasarkan produk UMKM.


Baca Lainnya :

“UMKM jangan berkecil hati dalam mengembangkan usahanya, karena ada salah satu Koperasi yakni Koperasi Srikandi yang menggandeng beberapa UMKM membuat produk minyak VCO dan gula kristal. Alhamdulillah pemasaran produknya sudah menembus luar negeri. Hal ini bisa dijadikan sebagai referensi para pelaku UMKM untuk terus berinovasi. Saya percaya para pelaku UMKM memiliki kemampuan untuk memajukan usahanya,” tandas Yuli Hastuti.

Sementara itu Bambang Susilo mengatakan, pemerintah menjadikan UMKM yang utama dalam peningkatan ekonomi. Dalam pandemic covid ini UMKM terus diperhatikan dengan memberikan bantuan sesuai kebutuhan usahanya seperti bantuan sembako, bantuan bahan dasar kue, dan lain-lain. Yang perlu diperhatikan UMKM antara lain, kualitas produk, pengemasan, pemasaran, dan kuantitas. “Dalam hal pembinaan dan pelatihan, kami siap melayani UMKM,” jelasnya.

Kades Robi Marantika mengatakan, UMKM Kecamatan Ngombol sudah banyak menghasilkan berbagai jenis produk. Namun terdapat kendala dalam melakukan pemasaran.

“Kami mohon bantuan untuk solusi pemasarannya. Bumdes Desa Pejagran akan mendirikan kios-kios di rest area jalan deandels. Saya minta nantinya produk UMKM dapat mengisi kios-kios ini,” ujarnya.(*)


TAGS: purworejo  umkm 

SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini