panen-sayur-dijual-di-bawah-hargaKelompok Tani Maju Makmur panen sayuran. (istimewa)


arie-giyarto

Panen Sayur Dijual di Bawah Harga

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA --  Ibu-ibu Kelompok Tani (Klomtan) Maju Makmur berkumpul di kebun sayur binaan Lorong Sayur,  Sabtu (4/7-2020). Dengan wajah sumringah mereka memanen aneka sayuran yang ditanam beberapa bulan silam.

Panen kali ini dipimpin Ketua RT 23 Ny Ida Rahayu. Aneka sayuran pun berpindah dari pohon ke tempat yang tersedia. Ada selada, sawi, bayam hijau, bayam merah, terong, kecipir maupun pare.


Baca Lainnya :

Sekretaris Klomtan Maju Makmur Kitren RT 23 RW 05 Kelurahan Prenggan Kecamatan Kotagede Yogyakarta, Reny Yuli Wijaya, sayuran tersebut dijual di bawah harga kepada para anggota. Ini sebagai bentuk penghargaan sekaligus agar merasakan hasil jerih payah anggota selama ini.

"Memang hasil panen belum banyak," kata Reny menjawab pertanyaan koranbernas.id, Minggu (5/7/2020). Semuanya laku Rp 43.000. Uang hasil penjualan masuk kas kelompok yang nantinya digunakan membeli bibit serta pupuk.


Baca Lainnya :

Harapannya hasil panen mendatang lebih banyak lagi. Tanaman sayuran ini merupakan hasil binaan Lorong Sayur Kelurahan Prenggan di bawah bimbingan lurah setempat, Haryatun.

Kelompok tani yang diketuai Gandung S Maryanto itu memiliki tiga kebun sayur. Secara guyub rukun anggota melakukan kerja bakti rutin. Secara sukarela pula anggota menyediakan konsumsi.

Kebersamaan ini menumbuhkan kegotongroyongan. Minggu silam mereka saling membantu membuat pergola dari bambu untuk tanaman merambat.

Lokasi kebun Maju Makmur berada di sebelah timur Lapangan Karang Kotagede. Sepanjang jalan masuk ke selatan hijau cantik bercampur oranye dari labu botol yang bergelantungan. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini