atas1

Makruf Kepincut Layanan Service Daihatsu Jamal

Senin, 13 Jan 2020 | 20:08:23 WIB, Dilihat 241 Kali
Penulis : warjono
Redaktur

SHARE


Makruf Kepincut Layanan Service Daihatsu Jamal Kasmadi memberikan penjelasan teknis kepada Makruf Irsyad, customer Daihatsu asal Pituruh Purworejo. (istimewa)

Baca Juga : Resto Ini Kaya dengan Menu Ala Yunani


KORANBERNAS.ID, JOGJA – Jalur jalan Purworejo-Jogja bukan rute asing bagi Makruf Irsyad. Lajang 23 tahun warga Pituruh Purworejo ini, mengaku hafal dengan jalan yang menghubungkan wilayah Jawa Tengah bagian selatan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Makruf bukanlah pelaju yang bekerja di Yogyakarta. Dia juga bukan mahasiswa yang sedang menempuh studi di Kota Pendidikan ini. Tapi memorinya terhadap detail ruas jalan Purworejo-Yogyakarta, tidak kalah jika diadu dengan awak angkutan umum antar-kota sekalipun.

“Ya...karena setiap bulan saya pasti ke Jogja. Kadang naik Ayla. Tapi kadang mengendarai Xenia. Semua saya kemudikan sendiri,” kata Makruf, saat ditemui di Dealer Daihatsu Jalan Magelang Yogyakarta, belum lama ini.

Makruf Irsyad tercatat sebagai customer loyal di Daihatsu Jalan Magelang (Jamal). Sejak membeli Ayla 2018, ia mempercayakan perawatan rutinnya ke dealer ini. Hal yang sama dia lakukan saat 2019 lalu memutuskan untuk membeli Xenia baru.

Saat ini, Ayla-nya sudah menempuh jarak 53.000 KM dan belum pernah mengalami masalah.

Jadilah, putra dari seorang pemilik toko di Purworejo ini hilir mudik Purworejo-Jogja untuk servis rutin. Mobil mana yang akan diservis, tergantung dari mana yang duluan masuk jadwal sesuai dengan manual book atau buku petunjuk servisnya.

“Kalau dulu ya benar-benar untung-untungan mas. Sampai di bengkel, seringkali sudah di nomor antrean yang besar dan otomatis menunggu lama sampai mobil selesai diservis. Bosan juga, walaupun ruang tunggu di Daihatsu Jalan Magelang sangat nyaman,” kata Makruf.

Saat bertemu Service Advisor Kasmadi, Makruf menyampaikan keluhan ini. Kasmadipun langsung memberikan nomor ponselnya dan memberikan saran ke Makruf untuk terlebih dulu melakukan booking service saat akan berangkat ke Jogja.

“Saya benar-benar terbantu. Sekarang saya terbiasa booking service dulu. Entah lewat whatsApp, SMS, telepon atau bahkan melalui aplikasi Astra Daihatsu Mobile,” katanya.

Terlena

Selalu diingatkan jadwal service, malah membuat Makruf  terlena. Suatu ketika, dia pernah nyaris lupa melakukan service mobilnya. Pesan mengingatkan dari Kasmadi yang dia terima beberapa hari sebelumnya, sama sekali tidak dia ingat lantaran terlalu sibuk mengurus toko.

“Saya teringat sudah larut malam. Tidak ada pilihan, saya terpaksa mengrimkan pesan whatsApp ke Mas Kas. Langsung dijawab dan dijadwalkan esok harinya. Saya sangat salut derngan perhatiannya. Kadang sampai pekewuh. Ini bagi saya luar biasa,” katanya.

Melalui Kasmadi, Makruf juga selalu mendapat update informasi dan penjelasan tentang banyak hal. Mulai fasilitas di bengkel, hingga pentingnya perawatan berkala agar mobil tetap prima.

Sekarang Makruf mengaku semakin nyaman saat ingin servis mobilnya. Tiba di bengkel, tidak harus menunggu lama, mobilnya langsung dikerjakan oleh teknisi. Sekitar 1,5 hingga 2 jam kemudian, kendaraannya sudah siap lagi untuk dibawa pulang, jika kebetulan tidak ada rencana lain di Yogyakarta.

“Jauh lebih cepat dan nyaman. Kalau booking saya pukul 10 misalnya, ya jam segitu mobil saya benar-benar mulai dikerjakan. Gak ada lagi rencana pindah bengkel resmi lainnya yang jaraknya lebih dekat. Apalagi setiap persoalan dengan mobil saya mulai hal sepele hingga yang lebih serius, juga bisa terselesaikan dengan baik. Saudara dan kawan-kawan pemakai Dahatsu juga saya arahkan ke Jogja. Bahkan, awal 2019 lalu saya membeli unit baru Xenia pun, atas saran Mas Kasmadi dan informasi dari Astra Daihatsu Mobile,” lanjutnya.

Kasmadi mengakui padatnya antrean servis di Astra Daihatsu Jalan Magelang. Per hari setidaknya ada 70-an customer yang mengirimkan mobilnya untuk perawatan atau servis. Jumlah ini sedikit menurun menjadi kisaran 50-55 unit saat Sabtu atau akhir pekan.

“Belum lagi terkadang kami harus melayani customer yang karena sesuatu hal tidak bisa datang sendiri ke bengkel untuk servis. Kami harus mengirimkan personel untuk memberikan layanan home service atau Daihatsu Mobile Service (DMS),” lanjutnya.

Padatnya jadwal servis, maka Kasmadi dan tim terus berupaya meningkatkan kualitas komunikasi dan merapikan data customer. Data yang rapi akan memudahkan proses pelayanan terhadap customer dan unitnya. (eru)



Senin, 13 Jan 2020, 20:08:23 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 161 View
Resto Ini Kaya dengan Menu Ala Yunani
Senin, 13 Jan 2020, 20:08:23 WIB Oleh : Masal Gurusinga 145 View
Kalau Ragu, Konsultasikan di MKKS
Senin, 13 Jan 2020, 20:08:23 WIB Oleh : Nanang WH 165 View
Bupati Serahkan Delapan Raperda Kepada DPRD

Tuliskan Komentar