Selama Libur Nataru, 274.000 Penumpang KA Naik dari Stasiun Purwokerto

Banyak inovasi ditawarkan dalam pelayanan KA

Selama Libur Nataru, 274.000 Penumpang KA Naik dari Stasiun Purwokerto
Penumpang naik di Stasiun Purwokerto. ( istimewa)
KORANBERNAS.ID, PURWOKERTO-- Selama 17 hari masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2025, setidaknya 274.000 penumpang naik dari 28 stasiun di Daerah Operasi ( Daop) 5 Purwokerto. Akumulasi kedatangan atau penumpang tiba dibDaop 5 Purwokerto sebanyak 282.725 pelanggan.
"Angka ini masih dinamis karena pemesanan tiket masih berlangsung hingga keberangkatan KA terakhir jelang tengah malam nanti, " kata Feni Novida Saragih, Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Minggu (5/1/2025). 
Feni menambahkan, jika dibandingkan dengan hari Minggu biasanya, jumlah penumpang masih tinggi karena rata-rata volume keberangkatan penumpang Minggu biasa di luar angkutan Nataru 11.000-12.000 penumpang. KAI Daop 5 Purwokerto menyampaikan apresiasi atas kepercayaan masyarakat khususnya pelanggan setia KA yang terus memilih moda transportasi KA dalam mobilisasi khususnya di masa libur Natal 2024 dan liburan Tahun Baru 2025.
Adapun pantauan volume pelanggan di Top 5 stasiun keberangkatan dan kedatangan penumpang Minggu (5/1/2025) 
Yakni Stasiun Purwokerto, jumlah penumpang naik 5.927 orang dan penumpang turun sebanyak 4.800 orang, Stasiun Kutoarjo, penumpang naik 2.278 orang dan penumpang turun sebanyak 1.902 orang, Stasiun Kroya, j penumpang naik 1.731 orang dan penumpang turun sebanyak 1.524 orang, Stasun Kebumen, penumpang naik 1.511 orang dan penumpang turun 1.029 orang; dan
 Stasiun Gombong, penumpang naik 1.150 orang dan penumpang turun 872 orang.
Selama Angkutan Nataru, Daop 5 Purwokerto terus berkomitmen menyediakan layanan transportasi yang mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan, dibarengi dengan inovasi guna meningkatkan fasilitas layanan kepada pelanggan sekaligus kegiatan sapa pelanggan sebagai bentuk apresiasi dan loyalty program KAI Daop 5 Purwokerto. 
inovasi yang dilakukan diantaranya menghias Stasiun Purwokerto, Kroya dan Kutoarjo dengan ornament tematik khas Natal dan Tahun Baru. Inovasi pengering payung bagi pelanggan di tiga stasiun, menambah fasilitas baru untuk kenyamanan pelanggan. 
Spot foto dan ornamen baru di Ruang Millenial Stasiun Purwokerto menambah kemeriahan liburan bagi pelanggan.
"Hal ini tentunya untuk menambah semarak dengan menghadirkan suasana istimewa bagi pelanggan," ujarnya. 
Moment Hari Ibu juga dikemas KAI Daop 5 dengan kegiatan Sapa Pelanggan berupa pembagian bunga mawar dan souvenir cantik khas KAI khusus bagi pelanggan wanita. Aktivasi Stasiun Kebasen sebagai stasiun naik dan turun penumpang juga menjadi terobosan inovasi KAI Daop 5 untuk peningkatan layanan, agar masyarakat Kebasen dan sekitarnya lebih mudah dan dekat untuk akses naik KA. Loyalty program untuk memanjakan pelanggan juga dilakukan kegiatan Sapa Pelanggan untuk menandai awal tahun 2025 dengan membagikan voucher tiket KA gratis dan merchandise unik khas KAI kepada pelanggan yang telah memiliki dan mendownload aplikasi resmi KAI yaitu Access by KAI. 
“Dengan inovasi dan peningkatan layanan tersebut, diharapkan masyarakat terus memilih moda transportasi KA tidak hanya saat momen-momen khusus tapi juga dalam mobilitas di hari-hari biasanya,” kata Feni.(*)