atas1

Warga Pertanyakan Surat Rekomendasi Pilkades

Selasa, 05 Feb 2019 | 19:05:00 WIB, Dilihat 2040 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


Warga Pertanyakan Surat Rekomendasi Pilkades Surat pernyataan (rekomendasi) yang dipertanyakan warga. (istimewa)

Baca Juga : Beatbox Menyengat Panggung DParagon Milenial Festival


KORANBERNAS.ID -- Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahap pertama tahun 2019 di Kabupaten Klaten memasuki tahapan melengkapi kekurangan berkas dan persyaratan.

Kades petahana yang ingin maju kembali diwajibkan menyerahkan laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan tahun 2018 ke kecamatan.

Setelah itu, kecamatan menerbitkan surat pernyataan (rekomendasi) telah menyerahkan LPJ akhir masa jabatan kades sebagai syarat mutlak petahana bisa maju lagi.

Persyaratan wajib bagi petahana tersebut harus dipenuhi jika ingin lolos dan ditetapkan menjadi calon kades. Batas akhir penyerahan surat rekomendasi camat adalah 4 Februari.

Sebab pada 6 dan 7 Februari memasuki tahap penetapan dan pengumuman balon kades yang telah terdaftar.

Di Kecamatan Manisrenggo terdapat 12 desa yang menyelenggarakan pilkades serentak 13 Maret mendatang. Dari jumlah itu beberapa kades petahana memutuskan maju lagi.

Seorang di antaranya adalah Siswanto, Kades Sukorini. Namun keputusannya dipertanyakan sejumlah warga, tokoh masyarakat dan pengurus BPD.

Menurut mereka LPJ tahun 2018 belum dibuat oleh petahana hingga 4 Februari 2019, batas akhir melengkapi kekurangan berkas dan administrasi seluruh balon kades.

Mantan Ketua BPD Sukorini, Agus Sutanto, mengatakan dirinya yang menjabat Ketua BPD hingga akhir 2018 belum pernah mengetahui adanya LPJ kades.

Tapi tiba-tiba dirinya mendapat informasi dari Sekcam (Sekretaris Kecamatan) Manisrenggo, rekomendasi camat kepada Kades Sukorini, Siswanto, sebagai syarat untuk maju pilkades telah terbit dan ditandatangani camat tanggal 20 Januari.

"Pak Sekcam (Sekretaris Kecamatan) Manisrenggo sudah saya telepon, ya mengiyakan laporan AMJ (Akhir Masa Jabatan) harus didahului LPJ (Laporan Pertanggungjawaban) dulu. Lha Pak Sekcam menginformasikan, surat rekomendasi Pak Camat untuk Sukorini sudah ditandatangani tanggal 20 Januari 2019. Kalau LPJ belum ada tapi AMJ sudah diserahkan ke kecamatan sebagai syarat maju pilkades artinya itu tidak sah," kata Agus, Rabu (5/2/2019).

Melalui pesan tertulis, dia menambahkan, Kades Sukorini Siswanto baru menyampaikan LPJ ke pihaknya pada Rabu pagi dan LPJ baru akan dibahas besok sore.

Menyikapi adanya kejanggalan itu, Agus Sutanto menekankan seharusnya para balon Kades Manisrenggo dan masyarakat merasa keberatan terhadap rekomendasi camat kepada petahana.

"Kami (BPD) menunggu aduan masyarakat dan balon kades ke panitia pilkades. Dan panitia tentunya konfirmasikan ke BPD tentang keabsahan surat rekomendasi untuk petahana. Setelah itu BPD baru bisa konfirmasi ke camat," terang Agus yang sehari-hari bekerja di Kantor Kementerian Agama Klaten itu.

Salah seorang balon Kades Sukorini, Hari Eko Cahyono,  mengatakan akan menunggu aduan dan tanggapan masyarakat.

"Sebagai bakal calon tentu kita menginginkan tertib syarat berlaku. Jika meragukan panitia dan masyarakat berhak menanyakan keabsahan rekomendasi itu," ujarnya.

Pada bagian lain, Kades Sukorini Siswanto yang dikonfirmasi mengatakan surat rekomendasi Camat Manisrenggo kepada dirinya tertanggal 1 Februari, meski sebelumnya sempat menjawab tanggal 31 Januari 2019.

Artinya, apa yang disampaikan dengan pernyataan mantan Ketua BPD Agus Sutanto berbeda. Menurut Agus, dirinya mendapat informasi dari Sekcam Manisrenggo, rekomendasi camat untuk Kades Siswanto tertanggal 20 Januari 2019.

Sebelumnya, Siswanto juga mengatakan LPJ seluruh kepala desa di wilayah Kecamatan Manisrenggo disepakati diserahkan paling lambat 1 Februari 2019.

Camat Manisrenggo, Wagiya, yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (4/2/2019) siang, menjelaskan terkait pilkades di wilayahnya dirinya telah mengeluarkan rekomendasi kepada kades petahana di tiga desa yakni Tanjungsari, Kepurun dan Kebonalas. (sol)



Selasa, 05 Feb 2019, 19:05:00 WIB Oleh : Sholihul Hadi 886 View
Beatbox Menyengat Panggung DParagon Milenial Festival
Selasa, 05 Feb 2019, 19:05:00 WIB Oleh : Sholihul Hadi 513 View
Jogja Kembali Kirim Bantuan ke Banten
Senin, 04 Feb 2019, 19:05:00 WIB Oleh : Endri Yarsana 513 View
Laporkan Jika Ada Jual Beli Jabatan

Tuliskan Komentar