ini-destinasi-wisata-jogja-yang-buka-saat-tatanan-baruKepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Rahardjo bersama Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB), Indah Juanita di Kantor BOB, Kotabaru, Sabtu (25/7/2020). (istimewa)


Redaktur

Ini Destinasi Wisata Jogja yang Buka Saat Tatanan Baru

SHARE

KORANBERNAS.ID, JOGJA -- Delapan destinasi wisata di Yogyakarta dibuka di era tatanan baru ini. Yakni Sungai Mudal, Pule Payung di Kabupaten Kulon Progo, Pantai Krakal, Telaga Jonge, Pantai Sepanjang, Embung Senja di Gunungkidul dan Geosite Ngingrong dan Bukit Teletubies di Sleman.

Kedelapan destinasi tersebut terpilih dalam gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat dan Aman). Gerakan ini merupakan program padat karya dari Kemenparekraf.

Dinas Pariwisata DIY bersama kabupaten/kota memberdayakan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Mereka diminta meningkatkan kebersihan, keindahan, kesehatan, dan keamanan destinasi pariwisata untuk menyambut wisatawan di masa adaptasi tatanan baru.

"Sektor pariwisata mulai dibuka bertahap dengan bertanggung jawab dan mengutamakan kesehatan, kebersihan, keselamatan dan keamanan,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Rahardjo, Minggu (26/7/2020).

Sementara Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB), Indah Juanita di Kantor BOB, Kotabaru mengungkapkan gerakan BISA merupakan apresiasi terhadap para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak COVID-19.

"Dalam gerakan ini kami memberikan fasilitas posko kesehatan beserta kelengkapannya dan peralatan kebersihan antara lain sapu lidi, serok sampah, tempat sampah dan lainnya," jelasnya.

Indah berharap gerakan tersebut mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif paska pandemi COVID-19,” paparnya.

Gerakan itu juga diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata di DIY yang aman. Sebab saat ini protokol kesehatan diterapkan secara ketat di destinasi wisata DIY.

"Tren pariwisata dunia berubah seiring isu kesehatan karenanya stakeholder pariwisata menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan," tandasnya.(yve)


TAGS:

SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini