Rabu, 29 Sep 2021,


zonasi-hapuskan-kastanisasi-sekolahMendikbud, Prof Dr Muhadjir Effendy, MAP dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Sendikmad) di Yogyakarta di Kampus IV UAD, Sabtu (3/11/2018).(yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)


yvesta
Zonasi Hapuskan Kastanisasi Sekolah

SHARE

KORANBERNAS.ID -- Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) yang menerapkan zonasi sekolah dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) akan lanjut terus. Meski masih diwarnai sejumlah masalah dan perlu pembenahan, kebijakan tersebut dinilai efektif untuk menghapuskan kastanisasi.


"Kita perlu menghapuskan kastanisasi yang selama ini terjadi di sekolah. Banyak siswa yang tidak bisa mempunyai kesempatan belajar di sekolah favorit karena masalah nilai. Dengan zonasi sekolah, maka ada pemerataan pendidikan di semua sekolah," papar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof Dr Muhadjir Effendy, MAP dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Sendikmad) di Yogyakarta di Kampus IV Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Sabtu (3/11/2018).

  • Catat, Angka Perceraian Guru Paling Tinggi di Indonesia

  • Sistem zonasi, menurut Mendikbud selain meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan peserta didik juga guru. Tenaga pendidik tidak hanya mengajar para siswa yang pintar di sekolah favorit namun di seluruh sekolah.

    "Anak-anak yang pintar tidak perlu banyak diajari sudah pintar. Justru tugas guru mengajar anak-anak yang biasa jadi pintar. Kalau mereka mendidik anak jadi pintar bisa maka kualitas gurunya pasti bagus," tandasnya.


    Sistem zonasi, lanjut Mendikbud juga merupakan upaya membangun keterbukaan, apalagi di era industri 4.0. Sebab hubungan antara sekolah, lingkungan dan keluarga akan menjadi lebih baik.

    “Tidak mungkin keluarganya ikut mengurusi sekolah kalau siswanya berasal dari daerah yang jauh dari sekolah. Kalau siswanya dari dekat lingkungan sekolah, maka kepedulian keluarga terhadap sekolah akan tinggi dan ini yang terjadi di negara-negara maju,” tandasnya.(yve)

     


    TAGS: zonasi uad guru mendikbud 

    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini