Selasa, 18 Mei 2021,


wisatawan-tak-pakai-masker-tanda-tangani-surat-pernyataanPetugas tim SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul melakukan razia masker pada wisatawan pantai. (sutaryono/koranbernas.id)


St Aryono
Wisatawan Tak Pakai Masker Tanda Tangani Surat Pernyataan

SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL -- Dalam rangka memutus penularan virus Corona, tim SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul selama dua hari, Sabtu dan Minggu, melakukan razia masker terhadap pengunjung pantai.


Meski sosialisasi memakai masker sudah sering dilakukan namun kenyatannya masih banyak wisatawan enggan memakai. Meskipun mereka membawa namun hanya dikantongi dan digunakan saat ada razia.

  • 8.000 Masker Dibagikan ke Masyarakat
  • Akhirnya Tujuh Pasien Positif Covid-19 Sembuh

  • Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono,  menyatakan sejak dua pekan terakhir pihaknya melakukan razia masker kepada pengunjung. Razia ini sesuai intsruksi dari Kasatpol PP terhadap seluruh petugas SAR Satlinmas seluruh DIY untuk melakukan razia masker.

    “Setiap hari Sabtu dan Minggu kami melakukan razia dan berkeliling dua kali untuk melakukan razia pengunjung yang tidak menggunakan masker, sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat," kata Marjono, Selasa (11/8/2020).

  • Cegah Klaster Perkantoran, Pemkab Sleman Terbitkan Surat Edaran
  • Pilkada Rawan Memunculkan Klaster Baru Penularan Corona

  • Pengunjung yang kedapatan tidak memakai masker dibawa ke pos SAR untuk membuat surat pernyataan yang berisi akan menggunakan masker selama berkunjung.


    Diakui, banyak pengunjung dan masyarakat yang tidak mengenakan masker meski sebetulnya mereka membawa masker dari rumah.


    Kebanyakan yang tidak memakai anak muda dan memilih mengantongi masker. Sebab di pintu masuk sudah diperiksa petugas dan jika tidak memiliki masker dilarang masuk.

    “Mereka itu sebenarnya membawa dari rumah, tetapi hanya dikantongi. Ketika petugas datang baru dipakai kembali," ucap Marjono.

    Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto,  menambahkan razia yang dilakukan Minggu (9/8/2020) mengamankan 30 orang pengunjung yang kedapatan tidak menggunakan masker. Mereka disuruh menandatangani surat pernyataan tidak mengulangi dan dicatat pengenalnya.

    Saat melakukan razia TIM SAR berkoordinasi dengan pokdarwis pantai, petugas TNI dan Polri, Puksesmas, hingga satgas Gugus Tugas Covid 19 Gunungkidul. (sol)



    SHARE


    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini