warga-peroleh-hadiah-minyak-goreng-usai-disuntikVaksinasi kerja sama BINDA DIY, Puskesmas Bambanglipuro dan Pemerintah Kalurahan Mulyodadi, Jumat (12/8/2022). (istimewa)


Sariyati Wijaya
Warga Peroleh Hadiah Minyak Goreng Usai Disuntik

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Badan Intelijen Negara (BIN) DIY bekerja sama dengan Puskesmas Bambanglipuro dan Pemerintah Kalurahan Mulyodadi mengadakan vaksinasi dosis 1, dosis 2 ataupun booster, Jumat (12/8/2022).


Program yang diberi nama vaksin berbasis desa ini mendapat sambutan warga. Dari target yang ditetapkan  300 orang, hingga selesai kegiatan mereka yang mengikuti vaksin hampir dua kali lipat. Usai disuntik, warga memperoleh hadiah minyak goreng.


“Kami mendapat support juga untuk hadiah minyak goreng dari BINDA. Hadiah kami tambah karena memang antusiasme warga tinggi. Alhamdulillah,” kata Ari Sapto Nugroho SH, Lurah Mulyodadi, kepada koranbernas.id di sela-sela kegiatan vaksinasi.

Warga, lanjut Ari, untuk vaksin 1 dan vaksin 2  yang  sudah mendapat suntikan di atas  95 persen. Sedangkan booster pada kisaran 70 persen.


“Saat pandemi warga Mulyodadi yang terpapar pada angka  1.000 orang. Untuk yang meninggal 30-an orang dan kebanyakan komorbit  (ada penyakit penyerta)  serta  lansia,” katanya.

Kepala Puskesmas Bambanglipuro dr T Glory  mengatakan vaksin  yang diberikan ke warga adalah  dosis 1, dosis  2 dan booster. Hal itu mengingat masih ada masyarakat yang belum vaksin.

“Maka untuk percepatan termasuk booster, kami menggelar vaksinasi berbasis desa dengan cakupan yang lebih luas. Kalau di Puskesmas kan jumlahnya terbatas,” kata Glory.

Vaksinasi digelar berkeliling ke kalurahan di wilayah Bambanglipuro sehingga lebih mudah dijangkau masyarakat karena lebih dekat. “Kami juga tetap memberikan layanan vaksin di Puskesmas setiap hari Sabtu,” katanya.

Selain masyarakat umum, Puskemas Bambanglipuro melakukan vaksinasi booster kedua bagi para tenaga kesehatan (nakes) di tempat tersebut. “Mari kita bersama kuatkan imun salah satunya dengan mengikuti vaksin,” tambanya.

Nugroho selaku koordinator wilayah Bantul BINDA DIY mengatakan, pihaknya gencar menggelar vaksinasi dengan  lokasi berpindah-pindah dan menjalin kerja sama berbagai pihak. Ini untuk menggenjot capaian vaksinasi di kabupaten tersebut.

“Selain vaksin, tentunya saya mengingatkan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Walaupun memang sudah ada pelonggaran-pelonggaran, kita jangan lengah,” katanya. (*)


TAGS: Mulyodadi  Bantul 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini