atas1

Warga Gagal Belanja Gara-gara BPNT Belum Cair

Senin, 27 Mei 2019 | 21:50:15 WIB, Dilihat 427 Kali - Oleh Sari Wijaya

SHARE


Warga Gagal Belanja Gara-gara BPNT Belum Cair Bhabinkamtibmas Desa Ringinharjo Polsek Bantul Aipda Sugiyanto SH melakukan monitoring distribusi BPNT, Senin (27/5/2019). (istimewa)

Baca Juga : GK Ladies Syukuran Bersama Anak Panti Asuhan


KORANBERNAS.ID -- Pemerintah menggulirkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi warga yang membutuhkan.

Besarnya  dana  Rp 110.000 itu biasanya masuk rekening setiap tanggal 25. Namun bulan ini ternyata masih banyak yang saldonya belum masuk, sehingga saat  warga pemegang kartu berbelanja ke agen BPNT mereka kecele.

Saat Bhabinkamtibmas Desa Ringinharjo Polsek Bantul, Aipda Sugiyanto SH, melakukan monitoring, Senin (26/5/2019) siang di agen Sri Hartati Dusun Mandingan, ternyata ada sebagian penerima yang dananya belum cair. Sebagian lain ada yang bisa mencairkan.

“Biasa BPNT cair setiap tanggal 25, namun hari ini ada yang sebagian belum cair,” kata Aipda Sugiyanto kepada koranbernas.id usai monitoring.

Dari hasil  monitoring dan catatannya, terdapat 18 warga Mandingan dan 26 warga Deresan yang hari itu gagal berbelanja menggunakan kartu tersebut.

Nggih niki dereng saget,” kata Ngatinem warga Deresan.

Seperti diketahui BPNT merupakan bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik. Penggunannya hanya untuk membeli bahan pangan.

Tujuannya untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu.

Ini merupakan program pengganti beras sejahtera (Ranstra) yang sebelumnya setiap KPM menerima 15 kilogram per bulan.

Kementerian Sosial sendiri berencana menambah jumlah bahan pangan yang dapat dibeli menggunakan kartu BPNT. Penerima BPNT tidak hanya dapat membeli telur dan beras, tetapi juga kebutuhan lain yakni minyak goreng dan gula pasir.  (sol)



Senin, 27 Mei 2019, 21:50:15 WIB Oleh : Sholihul Hadi 323 View
GK Ladies Syukuran Bersama Anak Panti Asuhan
Senin, 27 Mei 2019, 21:50:15 WIB Oleh : Sari Wijaya 273 View
Hidup Tak Sekadar Cari Uang
Senin, 27 Mei 2019, 21:50:15 WIB Oleh : Sari Wijaya 398 View
Ini Putusan PN Bantul Soal Gugatan Praperadilan Polres

Tuliskan Komentar