warga-berjibaku-menggendong-nenek-renta-dari-rumahnya-yang-terbakar-hebatPetugas BPBD Gunungkidul menyerahkan bantuan pada korban yang rumahnya terbakar, Kamis (23/7/2020). (sutaryono/koranbernas.id)


St Aryono

Warga Berjibaku Menggendong Nenek Renta dari Rumahnya yang Terbakar Hebat


SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL – Seorang nenek renta, Sastro Suwarno (90), warga Padukuhan Sumber RT 03 RW 01 Kalurahan Girisuko, Kapanewon Panggang, yang rumahnya ludes dilalap api, menerima bantuan dari BPBD Gunungkidul. Penyerahan bantuan dilakukan oleh beberapa anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, Kamis (23/7/2020).


Baca Lainnya :

 

Menurut Riyadi, salah satu anggota TRC BPBD yang ikut rombongan pada penyerahan bantuan, menjelaskan bahwa beberapa barang yang diserahkan diantaranya paket makanan, perlengkapan kesehatan, matras, bantuan sandang dan beberapa bantuan yang lain.


Baca Lainnya :

 

Peristiwa kebakaran yang terjadi Rabu (22/7/2020) malam sekitar pukul 21.20 WIB ini selain membakar rumah milik korban, warga juga berhasil mengevakuasi nenek dengan cara digendong dari kamar tidurnya.

 

Menurut Kapolsek Panggang, AKP Mujiman, peristiwa kebakaran ini diketahui pertama kali oleh salah seorang warga sekitar, Rukiyo (60), yang tinggal tak jauh dari rumah korban, sedang lembur mengerjakan kayu.

 

“Di sela bekerja itu, ia melihat adanya kobaran api dari rumah Sastro. Ia lantas mendatangi lokasi sembari meminta bantuan warga lainnya,” katanya.

 

Menurutnya, saat api melalap, pemilik rumah yang sudah renta ini dalam kondisi tertidur pulas di  kamar. “Korban terpaksa digendong dari dalam rumah yang terbakar karena kondisi fisiknya sudah tua dan lemah,” kata AKP Mujiman.

 

Upaya penyelamatan dramatis di tengah kobaran api itu akhirnya berhasil. Korban serta warga yang melakukan penyelamatan tidak mengalami luka. Kendati demikian, sejumlah barang elektronik serta bangunan rumah dari kayu itu hangus tidak tersisa.

 

“Barang yang terbakar diantaranya dipan, kasur, almari pakaian, pakaian, kursi sofa, peralatan dapur, tv dan kulkas,” jelasnya.

 

Tentang penyebab kebakaran, diduga kuat api berasal arus pendek listrik. (eru)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini