atas

Wah Kebumen Bakal Punya Mall Layanan Publik

Sabtu, 09 Mar 2019 | 20:52:31 WIB, Dilihat 228 Kali - Oleh Nanang WH

SHARE


Wah Kebumen Bakal Punya Mall Layanan Publik Kabupaten Kebumen (istimewa)

Baca Juga : Catat, Mencoblos Hanya Butuh Waktu 3 Menit


KORANBERNAS.ID -- Untuk peningkatan pelayanan publik, Pemkab Kebumen merencanakan membangun Mall Pelayanan Publik (MPP). Mall Pelayanan Publik akan melayani setidaknya 41 jenis  pelayanan. Sebelum ada MPP, pelayanan 41 jenis  pelayanan diselenggarakan Dinas Penanaman Modal Perizinan Satu Pintu Kebumen. Setelah ada MPP, jumlah jenis pelayanan dipastikan bertambah.

“Hanya Izin Mendirikan Bangunan ada pungutan retribusi,“ kata Sekretaris Daerah Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Jumat (8/3/2019) malam.

Selain itu untuk pengadaan barang akan dilaksanakan di lingkungan Sekretariat Daerah dan dipimpin pejabat eselon III. Direncanakan ada 15 orang ASN menangani pengadaan barang dan jasa yang bersumber dari APBD Kabupaten Kebumen.

"Bagian yang akan dibentuk dalam tugasnya  bebas dari intervensi pihak manapun. Mereka  harus menjalankan tugas sesuai dengan peraturan perundangan," jelasnya.  

Sementara Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz mengungkapkan, pengadaan barang dan pelayanan  publik menjadi bagian obyek reformasi  birokrasi di lingkungan Pemkab Kebumen. Setiap aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di harus punya komitmen bekerja sesuai dengan peraturan perundangan.

"Mereka menandatangani  Pakta Integritas sebelum bertugas di wilayah itu," ujarnya.

Selain komitmen ASN yang melaksanakan tugas pengadaan barang dan pelayanan publik, upaya pengawasan melekat oleh atasan juga harus ditingkatkan. Tak ada alasan atasan ASN  pelaksana kegiatan tidak mengetahui, jika terjadi kecurangan.
    
Pengawasan internal yang dilaksanakan Inspektorat Wilayah Kabupaten Kebumen lebih dioptimalkan. Pengawas internal ini yang akan menangani, jika ada laporan masyarakat atau temuan, pelanggaran pengadaan barang dan pelayanan publik.
    
Yazid Mahfud mengingatkan, ASN yang melaksanakan tugas pengadaan barang dan pelayanan  menjaga integritas. Pengawasan tidak hanya oleh  pengawas fungsional,  tapi juga masyarakat. Pers mengambil fungsi pengawasan. Berkembangnya media  sosial, juga bisa menjadi bagian kontrol masyarakat.

“Jika ada ada pungli, laporkan ke  Tim  Saber Pungli,“ kata Yazid Mahfudz.(yve)



Sabtu, 09 Mar 2019, 20:52:31 WIB Oleh : Sari Wijaya 125 View
Catat, Mencoblos Hanya Butuh Waktu 3 Menit
Sabtu, 09 Mar 2019, 20:52:31 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 164 View
Teknologi X-Tronic Hadir di Yogyakarta
Sabtu, 09 Mar 2019, 20:52:31 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 153 View
Ladies, Ingin Tahu Kondisi Kulit? Coba Skin Analyzer

Tuliskan Komentar