atas

Video Banjir Ikan Bertebaran di Jalan Wadaslintang Hoaks

Kamis, 24 Jan 2019 | 22:11:01 WIB, Dilihat 492 Kali - Oleh Nanang WH

SHARE


Video Banjir Ikan Bertebaran di Jalan Wadaslintang Hoaks Video hoaks yang beredar di kalangan pemilik akun media sosial, setelah terjadi banjir dan tanah longsor di seratusan lokasi di Kabupaten Kebumen, pekan lalu. (istimewa)

Baca Juga : Mahasiswa Malaysia Belajar jadi Pengantin


KORANBERNAS.ID --Bereda video di media sosial yang menampakkan ikan bertebaran di jalanan di kawasan Waduk Wadaslintang, Kebumen. Akibatnya banyak  pengguna jalan berhenti mengambil ikan-ikan tersebut.

Namun Polres Kebumen memastikan video tersebut hoaks atau tidak benar. Kasus itu tidak terjadi di Wadaslintang, bahkan kejadiannya bukan di Indonesia.
    
Dalam siaran pers Humas Polres Kebumen yang diterima koranbernas.id, Kamis (24/1/2019), Kapolres Kebumen AKBP Rubertho Pardede mengatakan, kepastian kejadian itu tidak di sekitar Waduk Wadaslintang, berdasarkan bukti forensik dari video itu. Pada detik ketujuh, terekam Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) bukan TNKB yang dikeluarkan Dirlantas Mabes Polri.
    
Kepastian lain video itu hoaks berdasarkan pengecekan  anggota Polri di seputaran Waduk Wadaslintang.  Tidak ada keterangan warga di daerah  ada kejadian seperti yang terjadi pada video itu.  

“Itu terjadi di luar negeri sana. Dari pengecekan dan konfirmasi di lapangan tidak ada peristiwa itu  di sekitar Waduk Wadaslintang," kata Rubertho.
    
Rubertho berharap masyarakat tidak cemas dengan beredarnya video tersebut karena telah ada penjelasan  dari Polres Kebumen. Segala informasi yang diterima melalui media sosial diharapkan tidak mudah di share karena tidak semua informasi benar. Masyarakat agar mencari informasi dari sumber yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.
    
Pengamatan koranbernas.id, elevasi air tertinggi Waduk Wadaslintang di Kabupaten Kebumen dan Wonosobo masih jauh dari jalan beraspal, termasuk jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Kebumen dengan  Kabupaten Wonosobo. Elevasi  air waduk tertinggi, letaknya belasan meter dibawah jalan raya. Sehingga sangat aneh jika ada ikan ikan besar bertebaran di jalanan berasal dari  Waduk Wadaslintang. (yve)



Kamis, 24 Jan 2019, 22:11:01 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 504 View
Mahasiswa Malaysia Belajar jadi Pengantin
Kamis, 24 Jan 2019, 22:11:01 WIB Oleh : Nila Jalasutra 374 View
Sleman Upayakan Penerapan Disiplin Positif dalam Pendidikan Anak
Kamis, 24 Jan 2019, 22:11:01 WIB Oleh : Masal Gurusinga 1240 View
Warga Demo Panitia Pilkades Padas Karaganom

Tuliskan Komentar