atas1

UMKM Pacu Pertumbuhan Ekonomi Wilayah

Selasa, 14 Mei 2019 | 22:45:23 WIB, Dilihat 460 Kali - Oleh B Maharani

SHARE


UMKM Pacu Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Ketua DPRD Jateng Rukma Setya Budi berbincang-bincang serius mengenai produk kerajinan yang dipamerkan. (dokumentasi DPRD Jateng)

Baca Juga : Doa dan Tahlil Berkumandang di KPU DIY


KORANBERNAS.ID -- Ketua DPRD Jateng Dr Rukma Setyabudi MM menyatakan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini menjadi pemacu pertumbuhan ekonomi wilayah.

"Dalam konteks pengentasan kemiskinan, kegiatan UMKM bagi rumah tangga miskin juga akan mengangkat perekonomian masyarakat berpenghasilan rendah," tegas Rukma, Selasa (14/5/2019), di ruang kerjanya.

Rukma bercerita, dirinya sangat antusias saat menyaksikan pameran produk kerajinan yang diselenggarakan saat berlangsung Musrenbangwil se-Eks Karesidenan Kedu di Pendapa Kabupaten Magelang, beberapa waktu lalu.

Bahkan disebutkan stan-stan peserta dari kabupaten/kota dikunjunginya di sela pembukaan masa Musrenbang wilayah itu.

"Kita harus mendorong UMKM di wilayah untuk berinovasi, dengan kemasan yang bagus serta jaringan pemasaran yang lebih luas, manfaatkan media sosial dengan maksimal untuk mengenalkan produk dan pemasaran yang lebih luas," tutur doktor bidang administrasi publik itu.

Musrenbangwil tersebut mengambil tema Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Didukung Peningkatan Kualitas Hidup dan Kapasitas Sumber Daya Manusia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya berharap Musrenbang bisa menghasilkan bukti nyata pembangunan yang menarik di segala sektor, seperti yang dicontohkan melalui produk-produk UMKM unggulan dari kabupaten/kota se-Eks Karesidenan Kedu.

Ketua DPRD Jateng Rukma Setya Budi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyaksikan pameran produk kerajinan yang diselenggarakan dalam Musrenbangwil se-Eks Karesidenan Kedu di Pendapa Kabupaten Magelang. (dokumentasi DPRD Jateng)

"Musrenbang ini ada bukti nyata yang menarik, bersinergi dengan kekuatan-kekuatan yang kita miliki di sekitar kita akan jauh lebih cantik. Meskipun nanti usulan-usulan yang diajukan kebanyakan berupa fisik, namun juga ada seni, budaya dan spiritual juga penting untuk dibahas," kata Ganjar.

Selain itu, dia juga menyampaikan mengenai persoalan angka kemiskinan dan infrastruktur yang menjadi fokus pembangunan di wilayah itu menyusul usulan dukungan sektor pariwisata yang semakin banyak diajukan.

Pencapaian UMKM juga dipaparkan oleh bupati/walikota di wilayah tersebut.

Selain itu, juga dilakukan dialog interaktif antara peserta Musrenbangwil dengan Gubernur Jawa Tengah dan  video conference (vidcon).

Ini dimaksudkan untuk menyerap aspirasi langsung dari masyarakat di Desa Ngadiharjo Kecamatan Borobudur, yang merupakan salah satu desa miskin di Kabupaten Magelang. (adv DPRD Jateng)



Selasa, 14 Mei 2019, 22:45:23 WIB Oleh : Rosihan Anwar 472 View
Doa dan Tahlil Berkumandang di KPU DIY
Selasa, 14 Mei 2019, 22:45:23 WIB Oleh : Rosihan Anwar 1712 View
Emak-emak Turun Jalan Sambil Bawa Panci
Selasa, 14 Mei 2019, 22:45:23 WIB Oleh : Arie Giyarto 84198 View
Kejadian Aneh Saat Tarawih di Masjidil Haram

Tuliskan Komentar