atas1

Tumbuhan Minat Baca Melalui Lomba Esai

Kamis, 20 Jun 2019 | 16:23:45 WIB, Dilihat 555 Kali - Oleh Nila Jalasutra

SHARE


Tumbuhan Minat Baca Melalui Lomba Esai Sri Muslimatun memantau pelaksanaan Lomba Menulis Esai Tingkat SMP/Mts Tahun 2019 di SMPN 4 Pakem , Kamis 20/6/2019).(istimewa)

Baca Juga : Pemkab Siapkan Langkah Lindungi HKI Pelaku Industri


KORANBERNAS.ID--Sebagai bentuk komitmen dalam menumbuhkan minat dan budaya baca anak, Pemerintah Kabupaten Sleman menyelenggarakan Lomba Menulis Esai Tingkat SMP/Mts Tahun 2019 di SMPN 4 Pakem, Kamis (20/6/2019).

Kegiatan mengusung tema “Literacy for Smart Regency”, diikuti 300 peserta dari berbagai sekolah tingkat SMP/Mts di wilayah Kabupaten Sleman.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, AA Ayu Laksmi Dewi Tri Astika, menuturkan bahwa lomba rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

“Kegiatan ini rutin diselenggarakan dengan maksud untuk mendorong anak menambah, memperluas wawasan dan pengetahuan melalui bacaan atau koleksi perpustakaan,” tutur Ayu.

Selain itu juga untuk mengembangkan kreatifitas anak dengan mengungkapkan gagasan secara tertulis serta, menumbuhkan minat dan budaya baca anak.

“Lomba menulis dipilih karena merupakan rangkaian dari kegiatan awal literasi. Literasi diawali dengan membaca. Dari apa yang mereka baca, apa yang mereka alami, kita dorong untuk menulis. Pada dasarnya semua anak itu memiliki potensi untuk menulis. Dan menulis merupakan kegiatan yang sangat positif,” jelasnya.

Pemilihan SMPN 4 Pakem sebagai lokasi acara, karena sekolah ini memiliki kegiatan literasi yang memadai dan baik.

Lomba tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Sleman, Hj Sri Muslimatun. Wabup menyampaikan ucapan terimakasihnya dan rasa bangganya atas partisipasi warga masyarakat, khususnya para peserta.

“Menulis sangat penting untuk meningkatkan kemampuan literasi karena membiasakan diri untuk menuliskan apa yang diketahui dari membaca, merasakan dari pengalaman yang dilihat sehari-hari dan menuangkan dalam bahasa yang terstruktur. Ini akan melatih anak-anak untuk berpikir dan bertindak secara runtut dan konseptual,” katanya.

Sri Muslimatun juga mengimbau kepada semua pihak untuk memberikan dukungan dalam menigkatkan minat menulis dan membaca masyarakat termasuk anak-anak dan remaja secara terus menerus melalui pemanfaatan perpustakaan dimanapun berada.

“Semakin tinggi budaya literasi masyarakat, semakin tinggi pula kepeduliannya terhadap pembangunan,” ujarnya. (SM)



Kamis, 20 Jun 2019, 16:23:45 WIB Oleh : Nila Jalasutra 333 View
Pemkab Siapkan Langkah Lindungi HKI Pelaku Industri
Kamis, 20 Jun 2019, 16:23:45 WIB Oleh : Redaktur 896 View
115 Bintara Resmi Sandang Predikat Prajurit Infanteri
Kamis, 20 Jun 2019, 16:23:45 WIB Oleh : Redaktur 593 View
Satgas Pamtas Siap Berangkat ke Merauke

Tuliskan Komentar