atas1

TPST Piyungan Diblokir Lagi

Rabu, 31 Jul 2019 | 12:17:47 WIB, Dilihat 639 Kali - Oleh Sari Wijaya

SHARE


TPST Piyungan Diblokir Lagi Armada sampah tidak bisa masuk lokasi pembuangan sampah di TPST Piyungan karena diblokir warga, Rabu (31/7/2019). (istimewa)

Baca Juga : Tentara dan Polisi Menjaring Sampah dari Sungai


KORANBERNAS.ID -- Untuk kesekian kalinya, warga di sekitar Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan di Dusun Banyakan Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan Bantul memblokir jalan masuk area pembuangan sampah, Rabu (31/7/2019).

Pemblokiran dilakukan sejak pukul 07:00. Puluhan warga menduduki jalan akses ke TPST. Mereka juga melarang armada sampah melakukan aktivitas serta membentangkan spanduk berisi tuntutan pencairan kompensasi bagi warga sekitar.

Tak ayal, penutupan tersebut menyebabkan ratusan truk pengangkut sampah hanya bisa berhenti menunggu perkembangan situasi. Terjadi antrean di jalan arah masuk area TPST Piyungan.

Melihat kondisi yang ada, Shodiq Murwanto selaku Ketua Paguyuban Armada Sampah “Eker-eker Golek Menir” meminta semua anggotanya balik kanan. Armada yang sudah membawa sampah agar dikondisikan.

"Saya meminta seluruh anggota dan armadanya dibawa pulang. Jadi sekarang sampah tadi dibawa ke rumah kru armada masing-masing termasuk armada milik saya," kata Sodiq kepada koranbernas.id siang ini.

Spanduk tuntutan warga di lokasi TPST Piyungan yang diblokir. (istimewa)

Dia mengaku tidak mengetahui penutupan itu akan dilakukan sampai kapan, karena memang tidak ada pemberitahun sebelumnya. Penutupan dilakukan secara tiba-tiba.

"Saya tadi tanya warga kenapa ditutup, ternyata mereka meminta ada pencairan kompensasi. Diduga pemblokiran ini lanjutan dari aksi kemarin di mana ada dua truk warga sini yang audiensi ke DPRD DIY," katanya.

Hingga berita ini diturunkan armada sampah belum bisa masuk dan membuang sampah di lokasi yang menjadi pembuangan sampah dari wilayah Bantul, Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. (sol)



Selasa, 30 Jul 2019, 12:17:47 WIB Oleh : Putut Wiryawan 623 View
Tentara dan Polisi Menjaring Sampah dari Sungai
Selasa, 30 Jul 2019, 12:17:47 WIB Oleh : Sholihul Hadi 233 View
Ratusan Dusun di DIY Sulit Air, Perlu Solusi Permanen
Selasa, 30 Jul 2019, 12:17:47 WIB Oleh : Sholihul Hadi 164 View
Surya Paloh Sebut Buya Safii Senior Dekatnya

Tuliskan Komentar