atas1

Topeng Ireng Beraksi untuk Korban Gempa

Minggu, 21 Okt 2018 | 06:48:01 WIB, Dilihat 835 Kali - Oleh Sari Wijaya

SHARE


Topeng Ireng Beraksi untuk Korban Gempa Pertunjukan seni untuk galang dana korban gempa Palu digelar warga Demangan Desa Jambidan Banguntapan Bantul. (sari wijaya/koranbernas.id)

Baca Juga : Lurah Jangan Sibuk Urusi Kuitansi


KORANBERNAS.ID -- Dengan luwes tujuh orang pemain Topeng Ireng beraksi dan menari mengikuti iringan musik yang bertalu merdu di Dusun Demangan Desa Jambidan Kecamatan Banguntapan Bantul, Sabtu (20/10/2018) sore.

Dua orang sinden yang masih muda menembangkan beragam lagu Jawa hingga dangdut masa kini di tengah hiruk pikuk ratusan penonton.

Tampak muda-mudi berkeliling membawa kotak amal untuk donasi korban gempa Palu, Donggala, Sigi Sulteng.

Penonton dengan sukarela menyisihkan rezeki yang mereka miliki ke dalam kotak warna putih tersebut. Hingga penutupan acara, dana yang terkumpul mencapai Rp 3,5 juta lebih.

Dana yang terkumpul pada acara yang didukung oleh Radio komunitas Swadesi tersebut, akan dibawa langsung ke Palu Senin (22/10/2018).

“Biaya pesawat ke sana menjadi tanggungan saya pribadi," kata Hendro Pleret SSn penanggung jawab acara kepada koranbernas.id di lokasi.

Pengumpulan donasi, lanjut MC kondang tersebut, selain dengan pertunjukan seni, juga lelang barang sumbangan dari donatur seperti baju dan pecah belah bahkan dari hasil penjualan es. Dana tersebut kemudian dihimpun menjadi satu.

Menurut Hendro, inilah wujud empati dan kepedulian mereka kepada saudara sebangsa yang tertimpa musibah. Selain untuk pelestarian seni budaya, juga menghibur masyarakat serta memupuk jiwa sosial, kebersaman dan kegotongroyongan.

"Saya berharap apa yang kami lakukan bisa memberikan manfaat bagi mereka yang tertimpa musibah. Saya juga akan melakukan trauma healing di sana dengan memberikan hiburan bagi korban gempa," katanya.

Ini bukan yang pertama karena pada gempa Lombok dirinya melakukan hal yang sama. Segala kegiatan dan penyaluran dana akan didokumentasikan dan diserahkan kepada warga sebagai bentuk pertanggungjawaban. "Akan kita setel video domumentasi secara bersama-sama," katanya. (sol)



Sabtu, 20 Okt 2018, 06:48:01 WIB Oleh : Sari Wijaya 561 View
Lurah Jangan Sibuk Urusi Kuitansi
Jumat, 19 Okt 2018, 06:48:01 WIB Oleh : Arie Giyarto 593 View
Mengenang Rendra di Sastra Bulan Purnama
Kamis, 18 Okt 2018, 06:48:01 WIB Oleh : Arie Giyarto 1858 View
SMAN 1 Banguntapan Bantul Jadi Sekolah Siaga Kependudukan

Tuliskan Komentar