atas1

Tim UP45 Dorong Penggunaan Teknologi Tepat Guna untuk Produsen Pempek Palembang

Selasa, 30 Okt 2018 | 17:18:45 WIB, Dilihat 591 Kali - Oleh warjono

SHARE


Tim UP45 Dorong Penggunaan Teknologi Tepat Guna untuk Produsen Pempek Palembang Suasana pelatihan penggunaan teknologi tepat guna yang diinisiasi oleh UP45 Yogyakarta untuk perajin pempek di Palembang. (istimewa)

Baca Juga : Cendekiawan dari Tiga Negara Bertemu di Yogyakarta Bahas Media


KORANBERNAS.ID--Pempek merupakan salah satu makanan khas Sumatera Selatan. Di setiap sudut Kota Palembang, kita pasti akan menemukan sajian khas kuliner pempek ini. Hal ini menginspirasi Dosen Universitas Proklamasi 45 (UP45), yaitu Enda Apriani, Aisyah Indah Irmaya dan Muhamad Ali Sukrajap, untuk mencari solusi terhadap upaya peningkatan kapasitas produksi Pempek pada UMKM.

Melalui Program Penerapan Teknologi Tepat Guna kepada Masyarakat implementasi tahun 2018, Tim UP45 menyerahkan 6 unit mesin berkapasitas 30 kg. Masing-masing terdiri dari 2 unit mesin penggiling daging, 2 unit mesin pembuat adonan dan 2 unit mesin pemipih adonan dalam acara “Serah Terima dan Pelatihan Program Penerapan Teknologi Tepat Guna Kepada Masyarakat” pada tanggal 21 Oktober 2018.

Kegiatan ini dibiayai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Pada kegiatan ini, UP45 menggandeng 2 Mitra UMKM, yaitu Rahmi (Lemak Raso) dan Khusnul (Pempek Opem).

“Alat ini dapat memecahkan masalah UMKM yang bergerak dalam bidang kuliner khususnya pempek, dalam hal peningkatan kapasitas produksi melalui teknologi tepat guna yang disesuaikan dengan kebutuhan mitra. Alat ini bisa mempercepat proses penggilingan ikan yang menjadi bahan dasar pembuatan pempek, membuat adonan dan memipih adonan. Dengan adanya alat ini maka akan dapat mempercepat proses pembuatan pempek,” kata Enda selaku Ketua Tim.

Selain kegiatan serah terima alat mesin pengolah pempek, UP45 juga melakukan dialog serta pelatihan pengoperasian dengan pelaku – pelaku UMKM kuliner pempek di Kota Palembang.

Acara ini turut dihadiri oleh H. Mustafa Kamal, S.S., Anggota Komisi X DPR RI yang sangat peduli dengan Pengembangan UMKM di Kota Palembang.

Dalam sambutannya, Kamal mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh UP45.

“Kegiatan ini memberikan hal positif untuk pengembangan UMKM kuliner khas Palembang,” ungkapnya.

Dia menambahkan kolaborasi dan sinergi antara perguruan tinggi dan UMKM mendorong percepatan tumbuh kembangnya teknologi tepat guna khusus untuk meningkatkan kapasitas produksi UMKM. Di samping itu, dengan adanya alat ini sangat membantu mempermudah mitra dalam menjalankan bisnis pempek di Palembang.

Hal senada juga dirasakan oleh kedua mitra UP45 dalam Program pengabdian kepada masyarakat ini.

“Kami sangat terbantu dengan alat ini. Alatnya cukup praktis sesuai kebutuhan. Cara mengoperasikannya sangat mudah, tidak berisik dan lebih cepat daripada cara manual,”ungkap Rahmi.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, diharapkan adanya pengawasan, pembinaan dan pendampingan terhadap UMKM khususnya mitra UP45.

“Ke depannya kami akan terus berkomunikasi dan mendampingi mitra kami ini, terutama dalam hal operasionalisasi alat teknologi tepat guna lainnya. Kami berharap program pengabdian tidak hanya terhenti pada kegiatan alat saja, tapi juga harus memperhatikan faktor pemasarannya,” katanya.

Ali Sukrajap menambahkan, pempek udah sangat terkenal sehingga jangkauan pemasarannya juga sudah harus mulai dipikirkan. Bukan hanya memenuhi kebutuhan lokal tapi juga permintaan dari luar kota.

Sedangkan Irmaya berpendapat inovasi dalam hal pengemasan dengan memanfaatkan teknologi tepat guna saatnya dipikirkan. Hal ini penting, supaya pengemasan dapat lebih menjamin produk ini tahan lama agar bisa dikirim keluar daerah.

“Seperti inovasi di Jogja untuk produk gudeg yang dikemas dalam kaleng misalnya. Ini sangat menarik dan saatnya dikembangkan untuk pempek,” pungkasnya. (*/SM)



Selasa, 30 Okt 2018, 17:18:45 WIB Oleh : Sholihul Hadi 531 View
Cendekiawan dari Tiga Negara Bertemu di Yogyakarta Bahas Media
Selasa, 30 Okt 2018, 17:18:45 WIB Oleh : Nanang WH 547 View
Kekosongan Tiga Anggota DPRD Segera Terisi
Selasa, 30 Okt 2018, 17:18:45 WIB Oleh : B Maharani 1782 View
Perempuan, Disinyalir Menjadi Pelaku Utama Kekerasan Anak

Tuliskan Komentar