Minggu, 01 Agu 2021,


tim-gabungan-patroli-di-alunalun-purworejoPelanggar Prokes di Alun-alun Purworejo menjalani sanksi push up. (istimewa)


Wahyu Nur Asmani EW
Tim Gabungan Patroli di Alun-alun Purworejo

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Tim Gabungan terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Unit Pembantu Terpadu (UPT) Alun-alun Purworejo melakukan patroli di alun-alun setempat, Sabtu (12/6/2021) malam. Sebagai ikon Kabupaten Purworejo, saat malam Minggu kawasan tersebut dibanjiri pengunjung.


Patroli kali ini dimaksudkan untuk mencegah peningkatan Covid-19 seperti terjadi di Desa Brenggong Kecamatan/Kabupaten Purworejo yang sempat viral dan menjadi perhatian semua pihak. Di Desa tersebut terjadi penularan akibat takziyah dan tamasya. Sejumlah 79 warga terkonfirmasi positif.


Tim gabungan melaksanakan pendisiplinan dan penerapan prokes terhadap pengunjung Alun-alun Purworejo sejak pukul 16:00 hingga 21:15.

Kegiatan itu diawali apel kesiapan dipimpin Kepala Satpol PP Budi Wibowo di halaman depan kantor UPT Alun-alun, dilanjutkan patroli untuk sosialisasi dan edukasi prokes dan memberikan sanksi sosial bagi yang sengaja melakukan pelanggaran.


Tim gabungan sempat berembug dengan pelaku usaha gowes agar ikut partisipasi menciptakan Keamanan, Ketertiban dan Keindahan (K3) serta peduli memutus rantai penyebaran Covid-19 di kawasan itu.

Mereka mentaati kesepakatan bersama tentang area titik mangkal. Pelaku usaha gowes dilarang nyeser atau keliling cari penumpang. Para penumpang pun wajib pakai masker.

Dari patroli tersebut terdapat delapan remaja terjaring dan dihukum sosial push up agar badan tetap sehat.  Usai menjalani hukuman mereka disuruh pulang meninggalkan alun-alun.

“Kami prihatin terhadap pademi Covid-19 yang masih terjadi peningkatan di beberapa wilayah. Kami juga mengimbau agar kita secara bersama-sama peduli dan ikut serta memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan tetap patuh prokes  dengan pola 5 M,” ajaknya. Harapannya pandemi segera berakhir.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Agung Wibowo AP mengatakan masyarakat masih diizinkan mengunjungi Alun-alun Purworejo tetapi harus mematuhi protokol kesehatan. “Silakan mengunjungi alun-alun asal tetap menjaga protokol kesehatan,” jelasnya.

Warga Pangenjuru Tengah Aryanti (25) datang ke Alun-alun Purworejo Sabtu (12/6/2021) malam bersama saudaranya dari Bogor.

“Saya mengantar saudara dari Bogor untuk jalan-jalan ke alun-alun. Saat itu memang Alun-alun Purworejo sangat ramai sekali,” jelas Ari.

Dia melihat patroli tim gabungan. Dia bersama keluarganya mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan tidak berkerumun, maka tidak mendapat teguran dari Satpol PP dan tim gabungan. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini