atas1

Tiap Selasa Wage Ditutup, Malioboro Istirahat

Kamis, 13 Jun 2019 | 22:39:45 WIB, Dilihat 836 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Tiap Selasa Wage Ditutup, Malioboro  Istirahat Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapto Rahardjo memperlihatkan peta penataan kawasan semi pedestrian Malioboro di Kantor Sekda DIY, Kompleks Kepatihan, Kamis (13/6/2019).(yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Diprediksi Aman, DIY Tak Respons Berlebihan Sidang MK


KORANBERNAS.ID --Pemerintah DIY beserta Pemerintah Kota Yogyakarta akhirnya menetapkan penutupan kawasan Malioboro yang akan dilakukan setiap Selasa Wage. Kebijakan Malioboro sebagai kawasan semi pedestrian ini akan dimulai 18 Juni 2019 mendatang.

"Ujicoba kawasan semi pedestrian malioboro akan dimulai 18 juni nanti bersamaan dengan kegiatan selasa wage ketika pkl (pedagang kaki lima-red) juga libur agar bisa bersih-bersih dan memberi nafas malioboro dan bisa beristirahat," ungkap Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapto Rahardjo usai rapat di Kantor Sekda DIY, Kompleks Kepatihan, Kamis (13/6/2019).

Menurut Sigit, penutupan kawasan Malioboro selama sehari, dimulai pukul 06.00 hingga 21.00 WIB. Hanya kendaraan tertentu yang tetap bisa melewati kawasan tersebut. Selain becak, andong dan sepeda, bus Trans Jogja dan kendaraan pelayanan masyarakat, seperti truk sampah, mobil ambulans dan pemadam kebakaran tetap diperbolehkan melintas.

Meski ditutup, sejumlah jalan di sirip-sirip Malioboro tetap akan dibuka. Diantaranya Jalan Suryatmajan di selatan Kantor Gubernur DIY/Kepatihan sampai Jalan Pajeksan yang masih bisa dilewati dua arah.

Kendaraan juga bisa melintas di depan DPRD dan Malioboro Mall namun harus ke barat di Jalan Dagen. Atau ke arah timur melewati Jalan Perwakilan.

"Ada rekayasa lalu lintas yang masih dibenahi, termasuk kantong-kantong parkir. Kita tidak akan memindah kantong parkir yang sudah ada selama ini. Pembenahan akan dilukan untuk akses ke Gedung Agung, Polresta dan Korem," tandasnya.

Ujicoba tersebut, lanjut Sigit akan diberlakukan beberapa waktu kedepan secara berkelanjutan. Pihaknya akan melakukan evaluasi sejauh mana efektivitas penerapan kebijakan tersebut.

"Kedepan selain selasa wage, dimungkinkan juga akan ada penutupan malioboro tiap sabtu dan minggu," imbuhnya.(yve)



Kamis, 13 Jun 2019, 22:39:45 WIB Oleh : Rosihan Anwar 412 View
Diprediksi Aman, DIY Tak Respons Berlebihan Sidang MK
Kamis, 13 Jun 2019, 22:39:45 WIB Oleh : Sholihul Hadi 1388 View
Wedhus Gembel Merapi Bisa Meluncur Lebih Jauh, Jika Kali Gendol Terus Dikeruk
Rabu, 12 Jun 2019, 22:39:45 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 2261 View
Diprotes Emak-emak, Jogja Ubah Zonasi

Tuliskan Komentar