atas1

Talang Rusak, Pasar Tegalgondo Kebanjiran

Selasa, 09 Apr 2019 | 15:35:04 WIB, Dilihat 320 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


Talang Rusak, Pasar Tegalgondo Kebanjiran MCK Pasar Tegalgondo yang dibangun penyedia jasa CV Analisa pada akhir 2018 sudah rusak beberapa kali. (masal gurusinga/koranbernas.id)

Baca Juga : Uji Emisi Ciptakan Lingkungan Yang Sehat


KORANBERNAS.ID - Pasar Tegalgondo Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten yang terletak di pinggir Jalan Raya Jogja-Solo dikeluhkan para pedagang. Pasalnya, setiap hujan deras turun lantai di dalam pasar kebanjiran. Para pedagang mengklaim banjirnya pasar dikarenakan pembangunan yang asal-asalan dan bocornya talang di dalam pasar.

Budi, penjaga malam Pasar Tegalgondo menyebutkan jika hujan deras turun air dari talang sebelah barat turun dan masuk ke dalam saluran. Namun karena saluran tersumbat akhirnya meluber ke lantai los.

Selain karena saluran yang tersumbat juga dikarenakan talang yang dipasang penyedia jasa saat membangun kios diakhir tahun 2018 juga bocor semua.

"Itulah yang membuat sering banjir saat hujan turun. Kelihatannya yang garap kemarin bukan bidangnya garap bangunan," jelas Budi di Pasar Tegalgondo, Selasa (9/4/2019) siang.

Sebenarnya ujar warga Desa Tegalgondo itu, kondisi itu sudah pernah dilaporkan ke pengelola pasar namun belum juga ada tanda-tanda akan ditindaklanjuti.

Senada dikemukakan Wiwik, pedagang soto di Pasar Tegalgondo. Kepada koran bernas, dia membenarkan talang yang dipasang saat membangun kios pada akhir 2018 sudah pada bocor semua.

"Baru dua bulan dibangun sudah bocor mas. Lantai disini banjir semua," ujarnya seraya menunjuk lantai pasar di depan kiosnya.

Dia juga mempertanyakan MCK pasar yang dibangun dua bulan lalu namun selalu rusak. Akibatnya pedagang kebingungan harus kemana jika sewaktu-waktu hendak ke WC. "Selalu rusak mas. Awalnya bisa dipakai tapi rusak lagi. Diperbaiki secara swadaya oleh pedagang ya sekarang rusak lagi. Bahkan mesin pompa airnya sudah rusak dan sekarang lagi diperbaiki," terang Wiwik.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan kios Pasar Tegalgondo 2018 Hery Susilo saat dihubungi terkait kondisi itu menjawab jika pembangunan kios masih dalam masa pemeliharaan.

Kios Pasar Tegalgondo dibangun penyedia jasa CV Analisa Klaten dengan kontrak senilai Rp 1,9 Miliar. Pembangunan dilaksanakan Mei hingga akhir Nopember 2018. Namun dalam perjalanannya proses pembangunan sempat terseok-seok dan bermasalah karena pekerja, waktu dan manajemen penyedia jasa.

Bahkan PPK sempat memberikan teguran kepada penyedia jasa karena progres pembangunan yang lambat dan kualitas pekerjaan. (yve)



Selasa, 09 Apr 2019, 15:35:04 WIB Oleh : Nila Jalasutra 292 View
Uji Emisi Ciptakan Lingkungan Yang Sehat
Selasa, 09 Apr 2019, 15:35:04 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 445 View
Mumpuni Tapi Murah Jadi Incaran Anak Muda
Selasa, 09 Apr 2019, 15:35:04 WIB Oleh : Redaktur 418 View
Teknologi Proyektor Kuasai Pasar

Tuliskan Komentar