Senin, 20 Sep 2021,


tak-iingin-terdisrupsi--jangan-menoleh-ke-belakang- Wisuda Program Diploma 3, Sarjana dan Magister Periode 1 tahun akademik 2018/2019 UPNVY di kampus setempat, Sabtu (13/10/2018).(istimewa)


yvesta
Tak Iingin Terdisrupsi ? Jangan Menoleh ke Belakang

SHARE

 KORANBERNAS.ID -- Revolusi Industri 4.0 yang terjadi saat ini merupakan era yang penuh perubahan. Adanya era revolusi industri 4.0, teknologi informasi menjadi lekat dalam kehidupan  sehari-hari


“Kita menjadi saksi bagaimana blackberry terlibas oleh ketangguhan android. Era ini menuntut kita untuk berbenah dan berubah. Pilihannya adalah berubah atau punah,” papar Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), ProfSari Bahagiarti K dalam Wisuda Program Diploma 3, Sarjana dan Magister Periode 1 tahun akademik 2018/2019, di kampus setempat, Sabtu (13/10/2018).

  • Kampus Harus Ikuti Revolusi Industri

  • Guru Besar Fakultas Teknilogi Mineral tersebut menyampaikan Revolusi Industri 4.0 yang dikenal sebagai era disrupsi. Yaitu situasi di mana pergerakan dunia industri atau persaingan kerja tidak lagi linear. Perubahannya sangat cepat, fundamental dengan mengacak-acak pola tatanan lama untuk menciptakan tatanan baru.

    “Jangan menoleh ke belakang, kita harus melihat ke depan, bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya. Segera kejar ketertinggalan kita,” kata Sari.


    Rektor menyebutkan, era ini harus disikapi tidak hanya oleh wisudawan namun para civitas akademika dan tenaga kependidikan. Terlebih lagi, menurut Sari, usia UPNVY yang terlah menginajak 4 tahun Oktober 2018 lalu harus diiringin dengan peningkatan kualitas di bidang akademik, penelitian, kemahasiswaan dan kelembagaan.

    Karenanya para lulusan diharapkan ikut membangun bangsa dan menyelesaikan masalah dan tantang di tingkat nasional maupu global sesuai bidang keilmuan masing-masing. Selain itu kepekaan sosial untuk memahami permasalahan bangsa juga harus dimiliki

    “Kalian harus menguasai teknologi informasi dan mampu berkomunikasi dengan baik. Berpikirlah out of the box, lakukan inovasi, niteni, niroake dan nambahake. Jangan lamban, bergeraklah dengan cepat. Tidak hanya bekerja dan beriorientasi ekonomi, tapi juga harus berkontribusi untuk masyakarat sehingga kalian akan menjadi pionir pembangunan seperti yang diharapkan oleh para pendiri kampus ini,” paparnya.

    Pada upacara wisuda kali ini UPNVY meluluskan sebanyak 34 lulusan Magister dengan predikat cumlaude sebanyak 16 wisudawan. Pada program Sarjana dan Diploma sebanyak 890 lulusan, dengan predikat cumlaude sebanyak 230 wisudawan. Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi pada Program Sarjana dan Diploma di raih oleh Timotius Sascarino Ekadipta dari Program Sarjana  Prodi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral dan Siti Nuria Wahyuningsih dari Prodi D3 Teknik Kimia, Fakultas Teknik Industri. Keduanya meriah Indeks Prestasi Komulatif dengan nilai 3.93.(yve)



    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini