sultan-ingin-aliran-kali-oya-dicegat-pakai-embungGubernur DIY Sri Sultan HB X mengunjungi wilayah banjir dan longsor di Imogiri Bantul, Jumat (22/3/2019). (sari wijaya/koranbernas.id)


sri-wijaya

Sultan Ingin Aliran Kali Oya Dicegat Pakai Embung

SHARE

KORANBERNAS.ID -- Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melakukan kunjungan kerja ke beberapa titik longsor di wilayah Imogiri Bantul, Jumat (22/3/2019).

Turut mendampingi, para pejabat terkait dari Pemerintah DIY serta Bupati Bantul Drs H Suharsono.


Baca Lainnya :

Kali ini Sultan berkunjung ke wilayah Wunut dan Kedungmiri, Desa Sriharjo, Dusun Gejayan, Desa Karangtalun serta SD Pundung Imogiri.

Sultan melihat dari dekat dampak banjir dan tanah longsor akibat  hujan lebat yang mengguyur sejak Minggu (17/3/2019) pagi hingga Senin (18/3/2019) dini hari silam.


Baca Lainnya :

“Saya rasa untuk Sungai Oya ini bebannya sudah sangat besar. Maka sebelum mengalir dicegat sebelum sampai di utara. Ada yang disutet pakai embung,” kata Sultan.

Misalnya yang sudah terealisasi adalah embung  Tambangkboyo terbukti mampu menampung air  600.000 M3.

“Jadi memang salah satunya untuk mengurangi  beban sungai adalah pembuatan embung, karena jika tidak setiap tahun pasti seperti ini. Saluran irigasi di Bantul juga banyak yang rusak. Pembangunan  embung akan kita lihat tanah Sultan Ground seperti apa,” katanya.

Sultan yakin dengan dibangun embung  terbukti mampu mengurangi debit air  ke sungai. Contoh lain Embung Sriten dengan daya tampung 500.000 M3.

Sedangkan untuk mengatasi longsor  di kompleks Makam Raja-raja di Imogiri, Sultan berharap bisa dibuat talud. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini