Minggu, 09 Mei 2021,


sultan-hb-x-tak-kuasa-menahan-warga-mudik-sebelum-7-meiSri Sultan Hamengku Buwono X. (istimewa)


Sutaryono
Sultan HB X Tak Kuasa Menahan Warga Mudik Sebelum 7 Mei

SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL -- Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku tidak bisa berbuat banyak serta tidak kuasa mencegah apabila ada warga perantauan yang mudik sebelum tanggal 7 Mei 2021, atau sebelum pelarangan mudik oleh pemerintah pusat.


“Saya kira untuk Idul Fitri sebelum tanggal 7 (Mei) orang Jogja yang ada di Jakarta dan sebagainya mungkin sudah pada pulang,” kata Sultan di sela-sela menghadiri penyulingan perdana kayu putih di Sendang Mole Kalurahan Gading Kapanewon Playen Gunungkidul Senin (19/4/2021).


Menurut Sultan, di DIY terdapat 95,06 persen zona hijau. Setiap akhir pekan banyak yang berkunjung. Pihaknya tidak bisa melarang warga yang mudik sebelum waktu pelarangan dari pemerintah pusat 6 sampai 17 Mei 2021.

Yang terpenting pemudik menerapkan protokol kesehatan 5 M yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.


Sultan HB X mengaku sudah memerintahkan seluruh kalurahan membentuk jaga warga. Pihaknya mempersilakan lurah melalui anggaran kalurahan untuk pembiayaannya. Sebanyak 25 sampai 30 orang dilibatkan membantu mengingatkan protokol kesehatan bagi setiap warganya.


Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengaku belum mengetahui apakah seluruh kalurahan sudah ada jaga warga atau belum. Namun pihaknya memastikan jaga warga sudah mulai terbentuk di beberapa kalurahan. “Nanti akan saya ingatkan lagi kepada kalurahan, karena ini perintah gubernur,” kata Sunaryanta.


Disinggung mengenai pemudik yang pulang sebelum larangan mudik tanggal 7 Mei mendatang, pihaknya tidak bisa melarang. “Kalau ada masyarakat kita sebelum tanggal itu siapa yang akan mengawasi. Antisipasinya di kalurahan ada skala mikro, protokol kesehatan diperketat saja,” pinta Sunaryanta. (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini