stok-melimpah-bawang-merah-samas-rp-14-ribu-per-kgPetugas memantau stok bawang merah milik pengepul besar Ny Sulami di Desa Tirtosari, Kecamatan Kretek Bantul, Rabu (15/5/2019). (sari wijaya/koranbernas.id)


sri-wijaya

Stok Melimpah, Bawang Merah Samas Rp 14 Ribu Per Kg

SHARE

KORANBERNAS.ID -- Saat ini  aktivitas  pengepul bawang merah di  wilayah Kretek masih berjalan normal seperti hari biasa. Hingga memasuki pekan kedua Ramadan 1440 H permintaan bawang merah masih normal belum terjadi lonjakan.

Bahkan saat ini ada sedikit penurunan pembelian di tengah masyarakat. Hal itu dikatakan pengepul besar di Desa Tirtosari Kretek Bantul, Ny Sulami, tatkala menerima kunjungan Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID) DIY, Rabu (15/5/2019).


Baca Lainnya :

“Stok aman dan mencukupi. Harga masih stabil belum ada lonjakan,” kata Ny Sulami.

Bawang merah lokal yaitu varietas Samas dan Parangtritis harganya pada kisaran Rp 14.000 hingga Rp 15.000 per kilogram.


Baca Lainnya :

Sedang varietas bibit Thailand saat ini di harga jual  Rp 20.000 per kilogram. Varietas impor ini umbi bawangnya terlihat lebih besar dibanding lokal.

“Dalam sehari saya melepas ke pasaran pada angka 7 ton hingga 8 ton. Relatif sama dengan sebelum-sebelumnya,” katanya.

Pemasaran bawang merah bukan hanya DIY namun sampai Jakarta dan kota besar lainnya. Dirinya memprediksi kenaikan permintaan akan terjadi tiga hari sebelum lebaran. Itu pun harganya paling  banter naik Rp 2.000 tiap kilogramnya.

Tri Saktiyana MSi dari TPID DIY mengatakan mereka melakukan pemantauan bukan hanya bawang merah namun juga komoditas  lain.

Termasuk bawang putih yang sempat harganya  melonjak. “Saat ini bawang putih sudah turun di angka Rp 35.000 per kilogram. Stok bawang merah juga mencukupi,” katanya. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini