Selasa, 03 Agu 2021,


siswi-smpn-3-purbalingga-finalis-lme-tingkat-nasionalKepala SMPN 3 Purbalingga, Subarno SPd (kiri) dan Khusnul Ikhsan SPd mengapit Renata Fadilla Cahyani, finalis Lomba Menulis Esai (LME) tingkat nasional. (prasetiyo/koranbernas.id)


prasetiyo
Siswi SMPN 3 Purbalingga Finalis LME Tingkat Nasional

SHARE

KORANBERNAS.ID -- Renata Fadilla Cahyani (15), siswi Klas 9F SMPN 3 Purbalingga menjadi finalis Lomba Menulis Esai (LME) tingkat nasional. Terdapat 34 finalis se-Indonesia pada kegiatan  yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMP-Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini.


Selama lima hari, Sabtu-Rabu (27-31/10/2018), Renata  berada di Hotel Ambhara Jalan Iskandar Syah Raya No 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, untuk mempresentasikan karyanya berjudul Kesenian Ebeg (Kuda Lumping) sebagai Alat Pemersatu Masyarakat di Desa Kembaran Wetan Purbalingga.

  • Ada Hadiah Khusus untuk Kontingen Purbalingga
  • Ingin Dapat Tiket Gratis Megadeth ? Ini Dia Caranya

  • Kepala SMPN 3 Purbalingga, Subarno SPd, merasa bangga atas prestasi salah satu siswinya, Renata Fadilla Cahyani.

    “Kami merasa bangga. Dari 549 esai  karya siswa SMP se-Indonesia yang dikirim ke panitia, hanya dipilih 34 finalis dari berbagai provinsi. Dari Provinsi Jawa Tengah ada 3 yang masuk sebagai finalis, yakni dari Semarang, Pati dan Purbalingga," ujar Subarno didampingi pembina Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) “Famous” SMPN 3 Purbalingga, Khusnul  Ikhsan SPd di sekolah setempat, Rabu (24/10/2018).

  • Temanggung Targetkan 15 Besar
  • Kebumen Targetkan Masuk 20 Besar

  • Subarno berpesan, Renata memanfaatkan kesempatan langka ini sebaik-baiknya. "Tampillah penuh percaya diri, dan apa yang sudah dibekali oleh pembina, tunjukkan secara maksimal di hadapan dewan juri. Serta jangan lupa terus berdoa," pesan Subarno.

    Khusnul Ikhsan yang juga pengajar mata pelajaran IPA menambahkan, persoalan bangsa Indonesia saat ini adalah persatuan yang terancam. Mendasarkan pada persoalan tersebut, maka pihaknya mengangkat  esai yang bertema persatuan.

    "Tema itu kami bahas dalam ekstra kurikuler "KIR Famous" di SMPN 3 Purbalingga. Beberapa anak kami dampingi menulis esai dengan tema persatuan, dan obyek tulisan bermacam-macam. Ada 20 esai yang kami kirim ke panitia, dan salah satu yang tembus menjadi finalis adalah karya Renata," ujar Khusnul Ikhsan.

    Pengumuman finalis LME, lanjut Khusnul Ikhsan, 4 Oktober 2018. "Sejak saat itu, persiapan untuk tampil di Jakarta kami intensifkan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala SMPN 3 Purbalingga dan berbagai pihak yang memberi motivasi dan dukungannya. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka penguatan pendidikan karakter, khususnya bidang literasi dan sastra," ujar Khusnul Ikhsan.

    Renata Fadilla Cahyani telah menjalani pembinaan intensif untuk persiapan tampil di Jakarta. "Mohon doanya, semoga kami bisa tampil prima, membawa nama baik SMPN 3 Purbalingga khususnya dan Kabupaten Purbalingga maupun Provinsi Jawa Tengah umumnya," ujar Renata, putra semata wayang pasangan Sri Murwanti dan Wahyono yang tinggal di Desa Penaruban Kecamatan Kaligondang Purbalingga ini. (sol)


    TAGS: jateng purbalingga 

    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini