atas1

Sering Banjir, Gorong-gorong Jatinom Dibongkar

Senin, 10 Des 2018 | 17:40:43 WIB, Dilihat 540 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


Sering Banjir, Gorong-gorong Jatinom Dibongkar Alat berat dikerahkan untuk membongkar gorong-gorong di depan Kantor Kepala Desa Bonyokan Jatinom. (masal gurusinga/koranbernas.id)

Baca Juga : ACT DIY Bekali Santri dengan Mitigasi Bencana


KORANBERNAS.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten membongkar gorong-gorong Jalan Jatinom-Boyolali yang berada di depan Kantor Kepala Desa Bonyokan Kecamatan Jatinom.

Langkah itu dilakukan untuk memperbaiki saluran di bawah jalan tersebut supaya tidak banjir pada saat hujan.

Pembongkaran dimulai dari gorong-gorong menuju arah Penggung milik Jalan Kabupaten hingga gorong-gorong depan Kantor Kepala Desa Bonyokan.

Pembongkaran dilakukan menggunakan satu unit alat berat excavator. Agar tidak mengganggu lalu lintas dari arah Klaten menuju Boyolali dan Jatinom Penggung, pembongkaran dilakukan secara bertahap.

Ini karena Jalan Klaten-Jatinom-Boyolali merupakan Jalan Provinsi yang selalu padat lalu lintasnya.

Setelah gorong-gorong di badan jalan dibongkar dilanjutkan memasang box culvert. Jaring yang dipasang pada gorong-gorong lama akan ditiadakan.

"Penyebab terjadinya banjir karena sampah atau limbah dari atas (arah Pasar Gabus) menyumbat saluran. Akibatnya air meluap dari bak kontrol di depan Kantor Kades Bonyokan. Bahkan tidak hujan pun jalan ini sering banjir," kata petugas saat ditemui di lapangan, Senin (10/12/2018).

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perwaskim) Juwito ST mengatakan perbaikan gorong-gorong di Jalan Klaten-Boyolali Desa Bonyokan dilaksanakan dengan anggaran dari APBD Perubahan 2018. (sol)



Senin, 10 Des 2018, 17:40:43 WIB Oleh : Sholihul Hadi 548 View
ACT DIY Bekali Santri dengan Mitigasi Bencana
Sabtu, 08 Des 2018, 17:40:43 WIB Oleh : Sari Wijaya 505 View
Kelak, Wilayah Ini Tak Lagi Sulit Air
Sabtu, 08 Des 2018, 17:40:43 WIB Oleh : Sholihul Hadi 550 View
Ajak Tamu Hotel Tanam Pohon

Tuliskan Komentar