atas

Sedikit-sedikit ke Puskesmas..

Sabtu, 13 Apr 2019 | 23:53:58 WIB, Dilihat 219 Kali - Oleh Sholihul Hadi

SHARE


Sedikit-sedikit ke Puskesmas.. Instruktur memperagakan pertolongan pertama korban patah tulang. (istimewa)

Baca Juga : GKR Hemas Kampanye Dihibur Didi Kempot


KORANBERNAS.ID – Para ibu rumah tangga sebenarnya memiliki potensi menjadi dokter, dalam tanda kutip, di rumah sendiri asalkan punya bekal pengetahuan serta keterampilan medis tingkat dasar.

Harapan itu disampaikan Mei, Ketua PKK Dusun Nanggulan Kelurahan Maguwoharjo Kecamatan Depok Sleman, Sabtu (13/4/2019), saat mengikuti pelatihan penanganan pertama pada kecelakaan (P3K).

 “Masing-masing ibu di sini bisa menjadi dokter untuk rumahnya sendiri. Tidak sedikit-sedikit ke Puskesmas..." ujar Novi saat menjadi peserta pelatihan yang digelar Akademi Relawan Indonesia (ARI) Aksi Cepat tanggap (ACT) DIY itu.

Karena itu Novi berharap sebaiknya pelatihan seperti ini terus dilakukan di dusunnya.

Seperti diketahui, kesehatan masih menjadi permasalahan yang banyak diderita oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Sebagian besar penyakit dan permasalahan kesehatan menjadi fatal dan mengakibatkan korban jiwa karena ketidaktahuan masyarakat akan penanganan pertama yang harus dilakukan.

“Penting dilakukan pelatihan kepada ibu-ibu rumah tangga agar paham dan sigap melakukan penanganan pertama pada kecelakaan,” ungkap Novi.

Instruktur medis, Rahmad Widodo, menyampaikan pelatihan dan simulasi P3K ini dimaksudkan agar masyarakat bisa memberi pertolongan pertama ketika terjadi kecelakaan.

Tindakan yang bisa dilakukan seperti mengecek denyut nadi, jalan pernafasan, perawatan luka ringan hingga pertolongan pada korban patah tulang.

Di hadapan 51 ibu-ibu peserta pelatihan, Rahmad Widodo mengatakan, penanganan pertama pada kecelakaan bisa dilakukan seluruh ibu rumah tangga sehingga akan ada banyak penyakit berbahaya bisa dicegah.

“Setiap individu harapannya mampu menguasai keterampilan medis tingkat dasar, agar ketika mendapati peristiwa kecelakaan dapat menjadi penolong pertama,” tambahnya. (sol)



Sabtu, 13 Apr 2019, 23:53:58 WIB Oleh : Sari Wijaya 2540 View
GKR Hemas Kampanye Dihibur Didi Kempot
Sabtu, 13 Apr 2019, 23:53:58 WIB Oleh : Arie Giyarto 366 View
Tiga Guru Besar Baca Puisi di Sastra Bulan Purnama
Sabtu, 13 Apr 2019, 23:53:58 WIB Oleh : Redaktur 232 View
Gubuk Reyot Milik Janda Tua Terpaksa Dibongkar

Tuliskan Komentar