atas1

Sebulan Sekali Warga Desa Ini Tukar Sampah dengan Uang

Senin, 03 Jun 2019 | 22:25:01 WIB, Dilihat 266 Kali - Oleh Sholihul Hadi

SHARE


Sebulan Sekali Warga Desa Ini Tukar Sampah dengan Uang Aktivitas Bank Sampah Josari Asri (BSJA) Tridadi Sleman, Minggu (2/6/2019). (istimewa)

Baca Juga : Zakat Bersihkan Penyakit Kikir dan Serakah


KORANBERNAS.ID -- Menjelang Lebaran Idul Fitri 1440 H, masyarakat Kampung Josari Desa Tridadi Kabupaten Sleman bersama relawan Aksi Cepat Tanggap-Masyarakat Relawan Indonesia (ACT-MRI) melakukan bersih-bersih kampung dan peresmian Bank Sampah Josari Asri (BSJA), Minggu (2/6/2019).

Sebelumnya warga memperoleh Pelatihan Pengolahan Sampah menjadi Produk Bernilai Ekonomis bersama tim dari Akademi Relawan Indonesia (ARI).

Selesai pelatihan, secara berkala Relawan MRI-ACT DIY mendampingi pengolahan sampah hingga terbentuk BSJA.

Peresmian Bank Sampah di Kampung Josari hadiri oleh Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, Hariyadi.

Dia mengapresiasi masyarakat diberikan bimbingan teknis bagaimana teknik pemilahan dan penimbangan sampah.

Koordinator BSJA, Rani, mengatakan tidak hanya warga Josari, semua masyarakat atau komunitas dapat mengikuti program Bank Sampah Josari Asri, yaitu program Tabungan Sampah dan Program Sedekah Sampah.

Yang menarik dari Program Tabungan Sampah ini, harapannya masyarakat semakin sadar memanfaatkan sampah menjadi barang bernilai ekonomis dengan cara menukarkan sampah di rumahnya setiap sebulan sekali. Dengan begitu masyarakat mendapatkan uang sebagai tambahan pemasukan.

Setelah tiga atau enam bulan, tabungan bisa diambil untuk digunakan keperluan masyarakat. “Sedangkan, program sedekah sampah akan dimanfaatkan untuk program sosial, pendidikan, layanan kesehatan dan aksi kemanusiaan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT)," tambahnya.

Data dari Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan Bantul, tercatat setiap hari jumlah sampah yang masuk 600 ton, berasal dari tiga Bantul, Sleman dan Kota Yogyakarta.

Dengan adanya banyak Bank Sampah di DIY dapat mengurangi beban sampah di TPA Piyungan, sekaligus menjadi pemberdayaan masyarakat di kampung-kampung. (sol)



Senin, 03 Jun 2019, 22:25:01 WIB Oleh : Redaktur 249 View
Zakat Bersihkan Penyakit Kikir dan Serakah
Senin, 03 Jun 2019, 22:25:01 WIB Oleh : Masal Gurusinga 266 View
Keramaian Terjadi di Sekitar Pasar
Senin, 03 Jun 2019, 22:25:01 WIB Oleh : W Asmani 205 View
Penjual Ketupat Panen Rezeki

Tuliskan Komentar