ratusan-abdi-dalem-sowan-ke-sultanPara abdi dalem Kaprajan dan Punakawan dari seluruh DIY bersalaman dengan Sri Sultan HB X di Pendopo Komplek Kepatihan dalam acara Syawalan, Senin (24/6/2019).


yvesta

Ratusan Abdi Dalem Sowan ke Sultan


SHARE

KORANBERNAS.ID -- Sekitar 750 abdi dalem Kaprajan dan Punakawan dari seluruh DIY sowan atau mendatangi Sri Sultan HB X di Pendopo Komplek Kepatihan, Senin (24/6/2019). Mereka mengikuti syawalan bersama Sultan dan Paku Alam X.

Syawalan ini selain diikuti abdi dalem Kraton juga abdi abdi dalem Pura Pakualaman. Mereka mengenakan pakaian surjan lengkap sebagai upaya ‘nguri-uri’ atau melestarikan kabudayan Mataram Jawa.


Baca Lainnya :

Dalam kesempatan itu, mereka antri bersalaman dengan Sultan dan Paku Alam. Sejumlah tari-tarian klasik ditampilkan untuk menghibur tamu.


Baca Lainnya :

"Abdi dalem ini mereka ada yang bekerja di keraton, ada yang kerja du puro (pakualaman-red)," ujar Pengageng Kawedanan Budaya lan Pariwisata Kadipaten Pakualaman Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Indrokusumo disela acara.

Kegiatan ini juga sebagai upaya mengenalkan kebudayaan Yogyakarta terhadap SKPD maupun masyarakat. Meskipun sebagian merupakan Aparat Sipil Negara (ASN) yang berasal dari luar Jawa, mereka tetap dikenalkan budaya Jawa.(yve)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini