atas1

Proyek Bandara Naikkan Perekonomian DIY Lampaui Nasional

Jumat, 10 Mei 2019 | 11:55:56 WIB, Dilihat 411 Kali - Oleh Muhammad Zukhronnee Ms

SHARE


Proyek Bandara Naikkan Perekonomian DIY Lampaui Nasional Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Hilman Tisnawan saat memberikan paparan terkait pertumbuhan ekonomi DIY kepada media pada Buka Bersama Media (BBM) di Yogyakarta, Rabu (8/5/2019). (muhammad zukhronnee ms/koranbernas.id)

Baca Juga : Kurangi Kecelakaan, Jogja Bakal Punya Jembatan Baru


KORANBERNAS.ID -- Tak dapat dipungkiri mulai banyaknya proyek besar di Daerah Istimewa Yogyakarta telah menumbuhkan perekonomian. Salah satunya pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta yang sedang dikebut pemerintah di Temon, Kulonprogo, DIY.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Hilman Tisnawan meyampaikan bahwa kini inflasi DIY selalu berada dibawah target nasional, jadi dengan pendapatan masyarakat yang naik, sementara inflasi rendah melambangkan bahwa perekonomian di DIY itu solid.

"Tapi saya ingatkan juga ternyata kita saat ini sangat diuntungkan karena adanya proyek-proyek besar, terutama bandara namun setelah bandara ini selesai dan tidak ada proyek besar lagi, hal ini yang perlu kita ingat," papar Hilman kepada wartawan pada Buka Bersama Media (BBM) di Yogyakarta, Rabu (8/5/2019).

"Pertumbuhan ekonomi seperti ini dan tidak sustain, karena bukan merupakan mesin pertumbuhan utama seperti konsumsi dan investasi yang bersifat tetap. setidaknya tahun 2021 proyek ini selesai, maka tantangan selanjutnya adalah efisiensi dan inovasi," imbuhnya.

Hilman menambahkan, harus dicari cara agar kita jangan terlalu terlena oleh pembangunan-pembangunan besar, meski proyek-proyek besar memang harus terjadi. Diakui secara historis sebelum ada proyek besar di DIY dalam hal ini pembangunan bandara, pertumbuhan ekonomi di jogja itu rendah terus.

"Jika ditarik ke belakang sebelum adanya proyek besar perekonomian di jogja selalu berada di bawah nasional. Setelah ada proyek baru jogja bisa berada di atas nasional. tantangan kita adalah bagaimana kita mempertahankan momentum iti dengan cara meng-create inovasi dan efisiensi," pungkas Hilman.(yve)



Jumat, 10 Mei 2019, 11:55:56 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 1996 View
Kurangi Kecelakaan, Jogja Bakal Punya Jembatan Baru
Jumat, 10 Mei 2019, 11:55:56 WIB Oleh : Sari Wijaya 1381 View
Polisi Dalami Kasus Desa Bantul
Jumat, 10 Mei 2019, 11:55:56 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 1117 View
Catat, Rerata UNBK SMK DIY Terbaik Nasional

Tuliskan Komentar