posyandu-pun-bisa-bernilai-ekonomis-lhoTim penilai posyandu tingkat kabupaten berphoto bersama Camat Delanggu Sri Wahyuni dan Kades Gatak H Walino di aula Kantor Kepala Desa Gatak, Jumat (12/10/2018) siang. (masal gurusinga/koranbernas.id)


masal-gurusinga-2

Posyandu pun Bisa Bernilai Ekonomis Lho


SHARE

KORANBERNAS.ID -- Keberadaan posyandu di desa berperan penting dalam kehidupan masyarakat. Karenanya, posyandu harus memiliki kelembagaan, memiliki gedung, meliki kelompok kerja (pokja), terintegrasi dan inovatif.

"Posyandu harus memiliki semuanya karena berkaitan dengan keberlangsung posyandu itu sendiri. Jangan sampai posyandu tidak memiliki gedung tetapi pelayanan dilaksanakan di rumah warga. Ketika pemilik rumah atau ahli warisnya meminta rumahnya menjadikan pelayanan posyandu terganggu," kata Ketua Tim Penilai Pisyandu Kabupaten Klaten, Arum Sunarni SSos di Desa Gatak Kecamatan Delanggu, Jumat (12/10/2018).


Baca Lainnya :

Staf di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Kabupaten Klaten itu menambahkan program-program di posyandu bisa pelayanan balita dan lansia. . Namun bisa juga terintegrasi dengan PAUD dan BKB (Bina Keluarga Bahagia).

Seperti contoh kata dia, sampah yang dulu tidak punya arti namun sekarang bisa dibawa ke posyandu untuk dikemas agar memiliki nilai ekonomis. Hasiil dari penjualan sampah itu bisa dimasukkan dalam kas posyandu.


Baca Lainnya :

Selain itu, posyandu juga mengjimbau anak-anak untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung zat kimia karena bisa menghambat dan mengganggu tumbuh kembang anak.

Tim penilai posyandu yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, PKK dan Dinas Permasdes tersebut melakukan penilaian terhadap Posyandu Siwi Asih 3 Desa Gatak Kecamatan Delanggu, Jumat (12/10/2018) karena posyandu tersebut masuk dalam 6 posyandu terbaik di Kabupaten Klaten.

Enam posyandu terbaik itu yakni posyandu Desa Pokak Kecamatan Ceper, posyandu Desa Sukorejo Kecamatan Wonosari, posyandu Desa Gatak Kecamatan Delanggu, posyandu Desa Geneng Kecamatan Prambanan, posyandu Desa Pandes Kecamatan Wedi dan posyandu Desa Pogung Kecamatan Cawas

Sementara itu Kepala Desa Gatak H Walino mengatakan posyandu di desanya menyebar di 7 RW atau seluruh RW di Desa Gatak. Program rutin yang dilaksanakan pelayanan penimbangan balita dan lansia. (yve)


TAGS: klaten ekonomi posyandu 

SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini