Kamis, 22 Apr 2021,


posko-ppkm-mikro-jadi-tempat-edukasiTim supervisi meninjau rumah isolasi mandiri Posko PPKM Mikro. (istimewa)


Nanang W Hartono
Posko PPKM Mikro Jadi Tempat Edukasi

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di desa dan kelurahan berdampak makin meningkatnya kesadaran masyarakat taat protokol kesehatan. Posko yang dibangun pemerintah desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa ini menjadi tempat edukasi bagi masyarakat.


Setidaknya ini terlihat tatkala Direktorat Binmas Polda Jateng melakukan supervisi ke Posko PPKM Mikro Kabupaten Kebumen, Selasa (2/3/2021). Supervisi dipimpin Kasubditbinpolmas Ditbinmas Polda Jateng, AKBP M Toha.


Tim mengunjungi enam posko PPKM Mikro yaitu Desa Sembir Kadipaten Kecamatan Prembun, Desa Ungaran Kecamatan Kutowinangun, Desa Wonosari Kecamatan Kebumen, Desa Karangpoh Kecamatan Pejagoan, Desa Sidomulyo Kecamatan Karanganyar serta Desa Wonosigro Kecamatan Gombong.

Menurut Toha, supervisi untuk membangun semangat para perangkat Posko PPKM Mikro di wilayah Kebumen memerangi Covid-19 yang masih berstatus pandemi.


“Kami ingin menyemangati rekan-rekan di lapangan terutama di Posko PPKM Mikro. Semangat kita, harus dibangun terus dan saling mendukung serta saling memotivasi,” kata Toha.


Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama mengatakan, posko PPKM Mikro yang didirikan sampai desa-desa menunjukkan kinerja maksimal. Terbukti tidak ada kecamatan zona merah atau kondisi dengan penularan tinggi.


Alhamdulillah, Desa Ungaran yang kita kunjungi Posko PPKM Mikronya, sejak akhir bulan Januari sudah zona hijau. Ini terus bertahan sampai sekarang,” kata Piter.

Dengan Posko PPKM Mikro, warga selalu diedukasi dan diawasi mengenai kebiasaan menerapkan protokol kesehatan.

Petugas posko melakukan kegiatan operasi yustisi ataupun sosialisasi. Warga selalu diingatkan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Jika ada warga terkonfirmasi positif, Posko PPKM Mikro siap bergerak cepat. Petugas posko meminta isolasi mandiri di rumah bagi yang tidak bergejala, serta karantina mandiri di rumah sakit bagi mereka yang mengalami gejala klinis.

Bhabinkamtibmas dan Babinsa akan menjadi tracer bersama petugas kesehatan kepada warga yang kontak erat.

Selain itu, petugas posko juga mengawasi Satgas Jogo Tonggo tiap-tiap RW dalam memenuhi keperluan warga yang sedang isolasi mandiri. (*)


TAGS: posko  PPKM  Mikro  Kebumen 

SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini