polbangtan-yoma-jajaki-kerjasama-dengan-kojai-sukoharjoPolbangtan YoMa menjajaki kerjasama dengan KOJAI Sukoharjo, kemarin. (Istimewa)


redaktur

Polbangtan YoMa Jajaki Kerjasama dengan KOJAI Sukoharjo

SHARE

KORANBERNAS.ID--Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) Jurusan Pertanian terus mengembangkan jejaring kerjasama dalam mengembangkan program studinya. Prodi Agribisnis Hortikultura Biofarmaka misalnya, menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder.

Prodi Agribisnis Hortikultura Biofarmaka melakukan penjajakan kerjasama dengan Koperasi Jamu Indonesia (KOJAI) Cabang Kabupaten Sukoharjo. 


Baca Lainnya :

Ada beberapa hal yang bisa dikerjasamakan kedua institusi tersebut. Antara lain pendampingan anggota kelompok KOJAI yang tergabung pada kelompok tani tanaman obat. Selain itu, para mahasiswa juga bisa melakukan pemagangan atau kegiatan pendampingan yang ada di Kabupaten Sukoharjo.  

KOJAI Sukoharjo memiliki anggota sebanyak 70 produsen jamu antara lain perusahaan jamu dan pengusaha jamu.  KOJAI Sukoharjo juga mengelola Kampung Jamu yang sudah dikembangkan beberapa waktu yang lalu oleh Pemerintah Daerah Sukoharjo. Ke depan, Kampung Jamu ini dapat menjadi lokasi pengabdian kepada masyarakat oleh Polbangtan YoMa.


Baca Lainnya :

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah pengkajian bersama terkait pengelolaan tanaman obat,  usaha jamu, serta magang oleh mahasiswa maupun kajian wirausahaan jamu. R Hermawan SP., MP, selaku perwakilan dari Polbangtan YOMA pada kunjungan, kemarin mengungkapkan kerjasama ini penting dilakukan karena anggota dari  KOJAI bisa menjadi aset bangsa yang melestarikan warisan budaya jamu. Selain itu, melalui kerjasama ini, para mahasiswa yang ada di Polbangtan YOMA dapat menambah wawasan, pengalaman dan aplikasi praktis dalam kaitannya dengan Prodi Agribisnis Hortikultura Biofarmaka. 

Sementara Kodrad Winarno, S.TP., M.AgriCom, selaku Tim Teaching Factory Polbangtan YOMA Jurusan Pertanian, penjajakan kerjasama antara Polbangtan YOMA dengan KOJAI Sukoharjo akan dikaitkan dengan kegiatan Teaching Factory yang saat ini sudah mulai dirintis oleh Polbangtan YoMa, khususnya di Kebun Sempu, Wedomartani Ngemplak Sleman. Sehingga ke depan diharapkan kerjasama ini dapat merambah tidak hanya sektor produksi saja namun juga ke sektor pemasaran. 

Menanggapi peluang kerjasama ini, Ketua KOJAI Sukoharjo menyatakan siap untuk bekerjasama karena dengan adanya sentuhan dari perguruan tinggi, terutama yang memiliki Prodi Biofarmaka, diharapkan dapat mempercepat pengembangan perusahaan-perusahaan jamu anggota KOJAI Sukoharjo.(*/yve)

 

TAGS:

SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini