atas1

PMI DIY Rintis Program Darah Gratis
Gusti Prabu Apresiasi Bank BPD DIY yang Rutin Selenggarakan Donor Darah

Selasa, 13 Nov 2018 | 13:15:33 WIB, Dilihat 843 Kali - Oleh Sholihul Hadi

SHARE


PMI DIY Rintis Program Darah Gratis Gusti Prabu secara simbolis menyerahkan kartu donor darah diterima Dirut Bank BPD DIY Santoso Rohmad, Selasa (13/11/2018), pada acara donor darah HUT ke-57 Bank BPD DIY. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Baca Juga : Lukisan Kecil Dipamerkan di Tembi Rumah Budaya


KORANBERNAS.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  merintis program darah gratis untuk warga yang membutuhkan. Langkah ini ditempuh melalui kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman dan dijadwalkan dimulai 2019.

“Kami baru coba mengajukan ke Sleman, stok darah diganti dari dana APBD. Mudah-mudahan masyarakat di Kabupaten Sleman dibuktikan dengan KTP maupun KK (Kartu Keluarga) jika membutuhkan darah free,” tuturnya, Selasa (13/11/2018).

Ketika menghadiri Donor Darah dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 PT Bank BPD DIY di Jogja City Mall (JCM) Jalan Magelang Yogyakarta, adik dari Sri Sultan Hamengku Buwono X ini mengatakan, kebutuhan darah tidak hanya ketika ada warga mengalami kecelakaan dan harus operasi, tetapi juga diperlukan pasien yang harus rutin cuci darah karena penyakit gagal ginjal.

Pertimbangan meluncurkan program tersebut semata-mata dilandasi alasan kemanusiaan. Setetes darah dapat menyelamatkan nyawa seseorang.

“Penderita gagal ginjal butuh darah secara kontinu. Jika berhenti transfusi maka nyawanya berhenti. Ada yang sampai jual tanah, jual perhiasan dan rumah. Kami sampaikan ke Bupati Sleman dan Wakil Bupati. Setuju. Dewan juga setuju. Alhamdulillah, tidak ada yang menolak gagasan ini,” kata Gusti Prabu.

Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo meninjau pelaksanaan donor darah di Jogja City Mall. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Dia pun memberikan apresiasi untuk Bank BPD DIY yang rutin menyelenggarakan kegiatan mulia donor darah, sebagai bentuk pengabdian kepada sesama.

“Bank BPD DIY mengemban amanah sebagai Badan Usaha Milik Daerah, dengan totalitas kerja mudah-mudahan akan berkembang berlipat-lipat,” harapnya.

Direktur Utama (Dirut) Bank BPD DIY Santoso Rohmad menyampaikan, donor darah kali ini bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Yogyakarta dan Jogja City Mall.

Kegiatan yang melibatkan jajaran manajemen dan karyawan Bank BPD DIY serta masyarakat ini merupakan bentuk bakti sosial Bank BPD DIY kepada masyarakat.

“Darah yang didonorkan akan dikelola oleh UDD PMI Kota Yogyakarta sebagai persediaan yang nantinya disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Santoso Rohmad.

Calon pendonor antre untuk mendonorkan darahnya. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Bagi Bank BPD DIY, donor darah merupakan kegiatan sosial rutin yang diselenggarakan setiap tahun sebagai bentuk rasa syukur.

“Kita mengajak karyawan dan masyarakat untuk beribadah membantu sesama kita. Mudahan dengan keikhlasan, setetes darah menjadi amal saleh di hadapan Allah SWT,” kata dia.

Pihaknya selain memberikan apresiasi kepada masyarakat yang berpartisipasi mendonorkan darahnya, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran PMI DIY dan PMI Kota Yogyakarta yang bersedia membantu terlaksananya donor darah.

Melihat antusiasme calon pendonor yang hadir, dari aksi sosial kali ini ditarget dapat terkumpul sejumlah 800 kantong darah. “Mudah-mudahan dapat terpenuhi. Yang terpenting bukan target, tetapi dengan setetes darah menyelamatkan nyawa,” kata Santoso Rohmad.

HUT ke-57 Bank BPD DIY jatuh pada 15 Desember 2018. Berbagai kegiatan disiapkan untuk menyambut acara itu baik yang bersifat internal maupun eksternal.

Saat ini, aset Bank BPD DIY mencapai Rp 12 triliun. Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp 9 triliun serta kredit yang disalurkan hampir sebesar Rp 8 triliun. (sol)



Selasa, 13 Nov 2018, 13:15:33 WIB Oleh : Arie Giyarto 1246 View
Lukisan Kecil Dipamerkan di Tembi Rumah Budaya
Senin, 12 Nov 2018, 13:15:33 WIB Oleh : Masal Gurusinga 1181 View
Ini Sebabnya Banyak Blank Spot di Klaten
Senin, 12 Nov 2018, 13:15:33 WIB Oleh : Prasetiyo 1062 View
BNN Purbalingga Bekuk Dua Pengguna Shabu

Tuliskan Komentar