atas1

Petahana Harus Tanggungjawab di Akhir Jabatan

Kamis, 24 Jan 2019 | 22:23:17 WIB, Dilihat 632 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


Petahana Harus Tanggungjawab di Akhir Jabatan Ketua Panitia Pilkades Padas Karanganom Klaten, Suherman. (masal gurusinga/koranbernas.id)

Baca Juga : Video Banjir Ikan Bertebaran di Jalan Wadaslintang Hoaks


KORANBERNAS.ID -- Para kepala desa yang kembali mendaftar sebagai balon kades pada pilkades serentak 13 Maret 2019 mendatang wajib memyerahkan laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan 2018. Sebab jika itu tidak dilakukan maka petahana tidak boleh maju ke tahapan berikutnya.

"Itu harus. Sebab laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan merupakan persyaratan yang harus diengkapi. Kalau itu tidak disampaikan ya tidak boleh," kata Sekretaris Camat Manisrenggo, Wagiman saat dihubungi melalui telepon selular, Kamis (24/1/2019).

Penyampaian laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan kades petahana menjadi syarat wajib namun tahapannya masih ada dan bukan sekarang.

Senada dikemukakan Ketua Panitia Pilkades Padas Karanganom, Suherman. Menurut dia, petahana yang maju kembali sebagai calon kades paling lambat harus menyerahkan surat pernyataan telah menyampaikan laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan 2018 sebelum 6 Februari 2019.

"Kalau sekarang ini kan masih tahapan pengumuman penjaringan bakal calon kades hingga tanggal 25 Januari. Untuk kelengkapan persyaratan itu tadi sebelum tanggal 6 Februari sudah harus diserahkan. Sebab tanggal 6 dan 7 Februari tahapan penetapan bakal calon yang terdaftar," ujarnya.

Sebelum tahapan penetapan masih ada tahapan lain yakni tanggapan masyarakat pada 26 dan 28 Januari, tahapan seleksi administrasi dan memperbaiki berkas yang kurang lengkap pada 29 dan 30 Januari serta tahapan melengkapi kekurangan berkas dan persyaratan pada 31 Januari hingga 4 Februari (kecuali tanggal 3 Februari).

Suherman mengakui hingga Kamis (24/1/2019), kades petahana belum menyerahkan surat pernyataan telah menyampaikan laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan 2018 dan penyerahan persyaratan itu pada tahapan berikut yakni sebelum penetapan.

Di Polanharjo, Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Kecamatan Polanharjo, Rasidi mengakui masih ada beberapa kades petahana diwilayahnya yang belum menyerahkan surat pernyataan telah menyampaikan laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan 2018. Meski belum menyerahkan namun itu menjadi persyaratan wajib yang harus dilengkapi petahana.

"Memang saat ini belum tahapannya. Tapi itu harus dilengkapi oleh petahana," kata Rasidi.

Di Desa Sukorini Kecamatan Manisrengo, Ketua BPD setempat Sudaryanto mengaku belum pernah menandatangani laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan kepala desa 2018. "Saya dilantik Desember kemarin. Sampai sekarang saya belum pernah tanda tangan apa-apa karena belum ada mandat dari ketua yang lama. Cap dan stempel saja belum saya terima," jelas Sudaryanto melalui telepon selular. (yve)



Kamis, 24 Jan 2019, 22:23:17 WIB Oleh : Nanang WH 710 View
Video Banjir Ikan Bertebaran di Jalan Wadaslintang Hoaks
Kamis, 24 Jan 2019, 22:23:17 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 667 View
Mahasiswa Malaysia Belajar jadi Pengantin
Kamis, 24 Jan 2019, 22:23:17 WIB Oleh : Nila Jalasutra 493 View
Sleman Upayakan Penerapan Disiplin Positif dalam Pendidikan Anak

Tuliskan Komentar