peserta-seleksi-carik-desa-dites-pidatoCamat Bambanglipuro Drs Lukas Sumanasa M.Kes bersama Lurah Desa Sumbermulyo Dra Ani Widayani MIP melihat proses seleksi carik desa. (sari Wijaya/koranbernas.id)


sri-wijaya

Peserta Seleksi Carik Desa Dites Pidato

SHARE

KORANBERNAS.ID -- Posisi Carik Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro Bantul kosong sekitar satu tahun, silam setelah meninggalnya carik desa setempat.

Posisi tersebut diisi Penjabat (Pj), kemudian Pemerintah Desa Sumbermulyo menyelenggarakan tes seleksi carik desa di SMK Muhammadiyah Bambanglipuro sejak Sabtu (29/6/2019) pagi hingga sore.


Baca Lainnya :

Proses seleksi menggandeng pihak ketiga Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” sehingga seleksi berlangsung independen, netral serta telah terakreditasi.

Bahkan Camat Bambanglipuro Drs Lukas Sumanasa Mkes dan Lurah Desa Sumbermulyo Dra Ani Widayani MIP turut menunggui di lokasi.


Baca Lainnya :

Bukan hanya tes secara transparan, koreksi jawaban pun disaksikan langsung pihak-pihak terkait termasuk Babinsa, Bhabinkamtibmas maupun pihak BPD.

Ketua Panitia Seleksi Carik Desa Sumbermulyo Drs Mugiyanta MSi mengatakan seleksi ini dijamin transparan sejak pengumuman hingga berlangsungnya tes.

“Yang mengambil berkas 37 orang. Selain dari Bambanglipuro ada juga dari kecamatan lain. Peserta yang memenuhi syarat 30  orang. Pada hari ‘H” satu orang mengundurkan diri. Dan yang tidak hadir tes  dua orang, maka seleksi diikuti 27 orang,” kata Mugiyanta.

Seleksi dilakukan secara terbuka untuk mengukur kejujuran serta menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap hasil seleksi.

Sebagai bentuk iniovasi, dilaksanakan pula veifikasi faktual dukungan dengan melakukan verifikasi KTP menggunakan metode sampling, penandatanganan pakta integritas serta doa panuwunan dengan mengundang RT, tokoh agama, tokoh masyarakat, agar pelaksanan tes berjalan tertib, aman dan lancar.

Materi tes adalah tes tertulis, tes psikologi, ujian praktik, maupun pidato. “Hasilnya diumumkan malam hari ini juga dengan mengambil dua nilai tertinggi. Dua nama inilah yang akan kita mintakan rekomendasi kepada camat,” katanya.

Lurah Ani mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menggelar seleksi secara terbuka dan transparan dengan cara menggandeng pihak ketiga. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini