atas1

Peserta JKN Bisa Berobat di Perjalanan Saat Mudik

Selasa, 28 Mei 2019 | 22:40:01 WIB, Dilihat 436 Kali - Oleh Nanang WH

SHARE


Peserta JKN Bisa Berobat di Perjalanan Saat Mudik Perjanjian Kerja Sama antara BPJS Kesehatan Cabang Kebumen dengan Mexolie Hotel Kebumen, Senin (27/5/2019). (istimewa)

Baca Juga : Dua Minggu Usai Dilantik, Banyak Kades di Klaten Belum Terima SK


KORANBERNAS.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menjamin setiap peserta Jamiman Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan fasilitas kesehatan  rujukan tingkat  lanjut (FKRTL) di perjalanan saat mereka mudik.

Di Kabupaten Kebumen, Wonosobo dan Purworejo FKTP dan FKRTL siap melayani peserta  JKN-KIS jika memerlukan pengobatan medis dasar atau kegawatdaruratan.

“Pelayananan ini dimulai 29 Mei 2019 sampai 13 Juni 2019. Syaratnya kepersertaanya masih aktif,“ kata Wahyu Giyanto, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kebumen kepada wartawan pada acara Media Gathering, Senin (27/5/2019) sore.

Bersamaan acara itu dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama antara  BPJS Cabang Kebumen dengan Mexolie Hotel Kebumen.

Melalui kerja sama itu Mexolie Hotel memberi diskon kepada peserta JKN yang menggunakan beberapa fasilitas hotel tersebut.

Wahyu Giyanto mengatakan pada program Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan  Kebumen telah berkoordinasi dengan FKTP (dokter keluarga dan puskesmas, klinik pratama Rumah sakit tipe D Pratama  dan FKRTL (rumah sakit) di tiga kabupaten.

Pengelola FKRTL siap melayani pemudik peserta  JKN. Meskipun peserta JKN tidak tercatat dalam layanan FKTP, FKTP wajib melayani pengobatan peserta JKN.

“Jika tidak ada FKTP, peserta JKN bisa langsung ke rumah sakit untuk pelayanan medis dasar dan kegawatdaruratan,“ kata  Wahyu Giyanto.

Semua rumah sakit wajib melayani peserta JKN, meskipun mereka tidak bekerja sama dengan  BPJS Kesehatan (FKTRL).

Di Kabupaten Kebumen terdapat 13 rumah sakit, Kabupaten Purworejo 8 rumah sakit dan 3 rumah sakit di Kabupaten Wonosobo siap melayani peserta JKN-KIS dengan syarat tertentu. (sol)



Selasa, 28 Mei 2019, 22:40:01 WIB Oleh : Masal Gurusinga 1420 View
Dua Minggu Usai Dilantik, Banyak Kades di Klaten Belum Terima SK
Selasa, 28 Mei 2019, 22:40:01 WIB Oleh : Sholihul Hadi 2125 View
Perawat Dapat Tugas Mengintip Gajah Kawin
Senin, 27 Mei 2019, 22:40:01 WIB Oleh : Nila Jalasutra 503 View
PMI Sleman Sediakan Darah Gratis Sejumlah 10 Ribu Kantong

Tuliskan Komentar