atas1

Pesan Damai dari Aksi Tapa Mbisu Mubeng Beteng

Jumat, 25 Jan 2019 | 17:10:29 WIB, Dilihat 343 Kali - Oleh Sholihul Hadi

SHARE


Pesan Damai dari Aksi Tapa Mbisu Mubeng Beteng Aksi budaya Tapa Mbisu Mubeng Beteng, Kamis (24/1/2019) malam. (istimewa)

Baca Juga : Relawan Demokrasi Dilatih untuk Dongkrak Partisipasi Pemilih


KORANBERNAS.ID -- Beragam elemen masyarakat Yogyakarta mengikuti aksi budaya Tapa Mbisu Mubeng Beteng untuk menjaga kedaulatan NKRI, Kamis (24/1/2019) malam.

Aksi ini memuat pesan damai di tengah menghangatnya kondisi politik nasional. Diharapkan semua pihak menjaga kedamaian, tidak asal bicara apalagi menyebar hoaks dan kebencian antarsesama anak bangsa.

Sebelum berjalan mubeng beteng, ratusan peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya, berdoa bersama dan mendengarkan orasi dari tiap-tiap perwakilan elemen yang mengikuti prosesi ini.

Masing-masing peserta mengenakan janur kuning sebagai simbolisasi perjuangan untuk kebersamaan menegakkan kedaulatan Indonesia.

Katin, seorang masyarakat saat berorasi menyatakan harapannya di tengah suasana jelang Pemilu 2019, rakyat bisa memberikan pilihan yang tepat.

"Kita ingin Indonesia tegak berdiri, bisa memiliki pemimpin yang mampu membawa kesejahteraan rakyat.  Kebersamaan dalam tapa mbisu ini adalah suara wong cilik  untuk Indonesia," kata dia.

Ketua penyelenggara Tapa Mbisu Mubeng Beteng, Endardi, memimpin langkah bersama dari depan Pagelaran Keraton Yogyakarta lalu bergerak melewati Alun-alun Utara ke Titik Nol, kemudian memutari benteng keraton berlawanan arah jarum jam. Ini merupakan simbol harapan dan doa untuk membentengi Indonesia.

"Ini laku bersama, simbol gotong royong rakyat. Kita berharap dari Yogyakarta bisa menyebar ke seluruh nusantara," kata Endardi.

Menanggapi aksi itu, Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto,  menyatakan setiap langkah budaya untuk menjaga kedaulatan NKRI perlu didukung.

Laku budaya, menjaga keistimewaan DIY lewat aksi budaya positif bagi terwujudnya suasana damai, untuk Indonesia. Gelorakan gerakan kebudayaan untuk menjaga NKRI dengan dasar Pancasila," ujar alumni Lemhanas ini. (sol)



Kamis, 24 Jan 2019, 17:10:29 WIB Oleh : Sari Wijaya 638 View
Relawan Demokrasi Dilatih untuk Dongkrak Partisipasi Pemilih
Kamis, 24 Jan 2019, 17:10:29 WIB Oleh : Sholihul Hadi 410 View
Relawan ACT Siap Masuki Dusun Tertimbun Longsor
Kamis, 24 Jan 2019, 17:10:29 WIB Oleh : Sholihul Hadi 503 View
Pekerja Hotel Aksi Damai di Pintu Masuk Kantor Gubernur DIY

Tuliskan Komentar