atas1

Persiapan Pemilu Sudah Final

Jumat, 12 Apr 2019 | 21:22:38 WIB, Dilihat 545 Kali - Oleh Sari Wijaya

SHARE


Persiapan Pemilu Sudah Final KPU Bantul menggelar sosialisasi tahapan pemilu 2019 kepada media massa di Hotel Ros In, Jumat (12/4/2019) siang. (Sari Wijaya/koranbernas.id)

Baca Juga : Berkat Kartini, Anak-Anak Ini Dapat Bantuan


KORANBERNAS.ID -- Komisi Pemilihan umum (KPU) Bantul sudah mempersiapkan segala sesuatunya terkait dengan pemilu serempak 17 April. Baik personil ataupun logistik. Begitupun untuk anggaran pemilu dipastikan akan diterima oleh KPPS pada H-1 sehingga mereka bisa mendirikan TPS seperti sewa tenda serta kepentingan lain. Juga untuk kebutuhan  konsumsi hingga malam hari, ketika penghitungan suara berlangsung hingga malam.  Total anggaran  untuk pelaksanaan pemilu mencapai Rp 23 miliar termasuk honor para petugas.

“Kita pastikan semua petugas pemilu telah mengikuti bimtek untuk trampil dalam pemungutan suara dan penghitungan. Di sana tentu ada peneguhan nilai-nilai integritas dan juga netralitas ,”kata Arif Widayanto Divisi Perencanaan dan dan informasi  KPU  Bantul,  dalam sosialisasi Tahapan Pemilu 2019 kepada Media Massa di Hotel Ros In, Jalan Ring Road Selatan, Jumat (12/4/2019) siang.

Dipastikan juga  panitia pemungutan suara dan penyelenggara pemilu bekerja sesuai aturan dan perundangan yang berlaku. Sekaligus ini jawaban akan kondisi kerawanan pemilu karena DIY menjadi daerah nomor dua se-Indonesia yang rawan penyelenggaraan pemilu setelah Papua Barat.

Sementara Mestri Widodo Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Bantul mengatakan kampanye dilakukan sejak 23 September dan untuk kampanye umum ataupun iklan media massa sejak 23 Maret hingga 13 April.

“Dan untuk Kabupaten Bantul yang menggelar rapat umum hanya dua PDIP pada 7 April di Wijirejo dan PPP pada tanggal 11 April di Ringinharjo,” katanya.

Untuk masa kampanye berakhir Sabtu 13 April dan akan dilakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) mulai 15 dan 16 April.

Sementara Joko Satosa  dari Divisi Teknis mengatakan agar semua masyarakat menggunakan hak pilih. Kendati tidak ada hukum yang melarang untuk golput, namun diharapkan semua warga menggunakan hak kosntitusinya dengan mencoblos 17 April mendatang.

Sementara untuk  calon legislatif (Caleg) sendiri ada 4 Tidak Memenuhi Syarat (TMS) karena meninggal ada 2 orang. Yakni  Dapil IV Partai Golkar nomor urut 4 bernama Suranta,  Dapil V caleg nomor 5 dari Partai Nasdem atas nama Daryanto. Untuk TMS caleg nomor urut 1 dan 3 dari PSI dari Dapil 1 mengundurkan diri dari Parpol yakni Perdana Nur Ambar Setiawan SH dan Wira Haritama karena diterima sebagai ASN sehingga mereka mundur dari partai.
   
“Dari 4 yang TMS tersebut tiga telah tercoret karena TMS sebelum pencetakan kartu suara.  Sedangkan 1 sudah tercetak di surat suara atas nama Daryanto yang meninggal belum lama ini. Maka nanti yang dilakukan oleh KPU adalah memberikan pengumuman  di  semua TPS Dapil V jika caleg tersebut meninggal. Kalaupun ada yang mencoblos maka suaranya untuk partai,” katanya.  

Penghitungan suara dilakukan pada hari yang sama, atau hari berikutnya ketika tidak  selesai. Dan penghitungan  dimulai pukul 13.00 WIB.

“Setelah itu rekapitulasi  hasil tingkat kecamatan (PPL) mulai 19 April,” ujarnya.

Begitu seterusnya secara berjenjang dan petugas entri data ada 25 orang. Berdasarkan simulasi yang telah dilakukan dengan  DPT 267 sampai proses penghitungan hingga penulisan  di plano selesai pukul 23.30 WIB.

Musnif Istiqomah, Divisi Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih dan SDM mengatakan, secara SDM mereka sudah komplit dan siap melaksanakan tugas. Untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ada 17 kali 5 orang personil atau total ada 85 orang ditambah 3 sekretariat di setiap kecamatan. Kemudian Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 75 desa dan setiap desa ada 3 PPS dan 3 orang sekretariat jadi total ada 225 personil juga.

Untuk jumlah TPS ada 3.040 TPS dengan 7 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)  total ada 21.280 personil telah terbentuk 27 maret dan telah mengikuti Bimtek tanggal 5 April-12 April di wilayah desa masing masing. Untuk Linmas ada 6.080 personil yang akan berjaga dimana 1 TPS ada 2 orang petugas Linmas. (yve)

Fakta Pemilu Bantul

Jumlah TPS                                              : 3040 TPS
Daftar Pemiluh tetap                                 :707.009 pemilih
Laki laki                                                    : 346.485 pemilih
Perempuan                                               : 350.524 pemilih
Daftar pemilih tambahan (Dptb masuk)    :10.024 pemilih
DPTb keluar                                             : 2.864 pemilih
Jumlah Pemilih                                          : 714.169 orang

Sumber KPU Bantul



Jumat, 12 Apr 2019, 21:22:38 WIB Oleh : Nila Jalasutra 365 View
Berkat Kartini, Anak-Anak Ini Dapat Bantuan
Jumat, 12 Apr 2019, 21:22:38 WIB Oleh : Nila Jalasutra 312 View
Sekolah Ini Siap Hadapi Bencana
Jumat, 12 Apr 2019, 21:22:38 WIB Oleh : B Maharani 323 View
Bawaslu Akui Ada Ujian Besar

Tuliskan Komentar