Minggu, 11 Apr 2021,


peringati-hari-air-sedunia-siswa-smk-2-klaten-punguti-sampah-di-rawa-jomborKegiatan bakti sosial membersihkan kawasan rawa Jombor dari sampah oleh siswa siswi SMK Negeri 2 Klaten, Sabtu (20/3/2021). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingari Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret. (istimewa)


Masal Gurusinga
Peringati Hari Air Sedunia, Siswa SMK 2 Klaten Punguti Sampah di Rawa Jombor

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN -- Rawa Jombor di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat dikenal sebagai kawasan wisata air dan kuliner di Kabupaten Klaten. Selain itu, rawa Jombor juga berfungsi sebagai daerah tangkapan air untuk mengaliri areal persawahan di wilayah sekitar seperti Bayat, Wedi, Kalikotes dan Trucuk.


Rawa Jombor yang cukup luas juga dimanfaatkan warga sebagai tempat usaha pancingan dan budi daya ikan dengan keramba. Bahkan warga yang tinggal di sekitar rawa pun tidak ketinggalan membuka usaha menjual ikan segar dan umpan ikan bagi pemancing dari luar daerah.


Mengingat fungsinya yang begitu besar dan lokasinya yang indah, tidak sedikit pengunjung datang ke rawa Jombor. Namun tak bisa dipungkiri keberadaan dan kelestarian rawa juga seringkali diabaikan. Salah satunya dengan membuang sampah sembarangan.

Sampah dan limbah bertebaran dimana-mana. Dan eceng gondok juga tumbuh subur sehingga memenuhi kawasan rawa. Tentu saja keberadaan sampah dan eceng gondok tersebut mengganggu keindahan rawa dan menjadi keprihatinan bersama. Tidak kalah pentingnya, aliran air juga terganggu.


Didasari kenyataan tersebut, Sabtu (20/3/2021) kemarin puluhan siswa-siswi SMK Negeri 2 Klaten menggelar kegiatan bakti sosial di pinggiran kawasan rawa Jombor dan saluran irigasi yang ada di sekitarnya. Bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret ini dilakukan dengan membersihkan kawasan rawa dari sampah.


"Bakti sosial diikuti 45 siswa. Kegiatan ini tergabung dalam ekstrakurikuler KOMPAST (Komando Pecinta Alam Stemsend/STM Senden/SMK Negeri 2 Klaten)," kata Muh Woro Nugroho, Kepala SMK Negeri 2 Klaten.


Tak menghiraukan bau dengan kondisi lapangan dan harus basah terkena air, para siswa didampingi guru pembina, Albert Rosian S.Pd, tampak semangat memungut sampah yang ada di sekitar rawa. Sampah-sampah itu kemudian dipilah dan dimasukkan ke dalam karung plastik.

"Kegiatan juga untuk mengedukasi warga sekitar agar peduli terhadap kebersihan salah satu badan air yang cukup penting di Klaten. Sebab rawa Jombor merupakan aset vital yang harus dijaga kelestariannya," imbuh Woro Nugroho.

Tidak sedikit warga yang mengapresiasi kegiatan yang dilakukan siswa siswi SMK Negeri 2 Klaten itu. Bambang Sugiarto, warga Desa Krakitan dan juga pemilik usaha pancingan, menyambut positif kegiatan tersebut.

Beberapa warga juga mengemukakan sama. Menurut mereka, kepedulian terhadap lingkungan hendaknya ditanamkan sejak dini. Sebab bagaimana pun juga, kata mereka, rawa Jombor menyangkut hajat hidup banyak orang. (*)



SHARE

'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini