Senin, 06 Des 2021,


peringatan-hari-jadi-ke70-kulonprogo-momentum-pulihnya-perekonomian-rakyatRapat Paripurna DPRD DIY dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-70 Kulonprogo. (anung marganto/koranbernas.id)


Anung Marganto
Peringatan Hari Jadi ke-70 Kulonprogo Momentum Pulihnya Perekonomian Rakyat

SHARE

KORANBERNAS.ID  KULONPROGO – Hari Jadi ke-70 Kabupaten Kulonprogo 70 diperingati dalam Rapat Paripurna DPRD Kulonprogo. Momentum itu menjadi tonggak bagi eksekutif, legislatif dan masyarakat bersama-sama bergerak bangkit dari pandemi Covid-19 untuk memajukan sektor ekonomi dan pemulihan kesehatan.


Ketua Komisi I DPRD Kulonprogo, Suharto, yang juga Ketua Golkar Kulonprogo mengatakan semua rakyat termasuk legislatif dan eksekutif harus menghayati tema hari jadi tahun ini yaitu Kulonprogo Gumregah, Kita Sehat Ekonomi Bangkit .


“Tema ini menjadikan sebuah semangat bagi Pemkab beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD), legislatif dan warga masyarakat," kata Suharto kepada koranbernas.id, Kamis (14/10/2021).

Suharto menjelaskan Gumregah berarti sebuah semangat bagi seluruh lapisan masyarakat untuk memajukan Kulonprogo. Rakyat, eksekutif serta legislatif bisa bangkit dan saling mendorong demi kemajuan Kulonprogo.


“Semangat itu bisa diartikan untuk memajukan Kulonprogo dari segi ekonomi. Selain itu, aspek kesehatan juga tidak boleh dipandang sebelah mata. Seluruh lapisan masyarakat harus menerapkan gaya hidup baru selama pandemi Covid-19,”  jelas Suharto.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo, mengatakan Kabupaten Kulonprogo merupakan gabungan dari dua kabupaten lama yang merupakan wilayah Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat berpusat di Sentolo, dan wilayah Kadipaten Pura Pakualaman dengan pusat di Wates. Saat kedua kerajaan ini bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, kedua wilayah ini kemudian bergabung dengan nama Kulonprogo dengan Ibu Kota Wates Adikarto.

Menurut Sutedjo, tema Kulonprogo Gumregah, Kita Sehat Ekonomi Bangkit bertujuan agar masyarakat punya semangat dan bangkit bergerak di masa pandemi, dengan tetap menjaga kesehatan melalui penerapan protokol kesehatan.

“Tema ini merupakan upaya kami untuk membangkitkan spirit masayarakat di masa pandemi. Kita tidak boleh menyerah, justru pandemi ini menjadi sarana untuk bangkit. Kita juga tak boleh diam, tetapi harus tetap menjaga kesehatan agar ekonomi bisa segera bangkit," kata Sutedjo.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kulonprogo Kuswadi dihubungi koranbernas.id Jumat (15/10/2021), sangat mendukung tema yang diangkat Pemkab Kulonprogo.

Kuswadi menjelaskan tema ini sangat relevan saat pemerintah masih bergelut dalam penanganan pandemi. “Tema Kulonprogo Gumregah, Kita Sehat Ekonomi Bangkit sangat tepat di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini,” kata Kuswadi.

KADIN Kulonprogo berpartisipasi memberikan sumbangsih pemikiran untuk mengembangkan kabupaten yang memiliki sejumlah potensi sumber daya manusia maupun sumber daya alam.

Selain pembangunan infrastruktur yang merata di penjuru Kulonprogo, saat ini diperlukan pengembangan sektor pariwisata. “Kita sangat berharap turis mancanegara berkunjung di Kulonprogo dan lama kunjungannya lebih dari dua hari. Pendapatan asli daerah naik sehingga mempercepat roda pembangunan dan kemakmuran rakyat," kata Kuswadi.

Ketua Badan Pengurus Cabang Perhimpunan Hotel dan Restoran Seluruh Indonesai (BPC PHRI) Kulonprogo, Sumantoyo, dihubungi koranbernas.id juga berharap agar momentum Hari Jadi Kulonprogo ke-70 ini memberikan perhatian besar pada sektor pariwisata.

“Pariwisata adalah sektor yang sangat memungkinkan untuk dikembangkan. Selain destinasi yang sangat menarik Kulonprogo juga mempunyai tempat kuliner baik restoran maupun rumah makan yang sangat diminati wisatawan. Didukung hotel bintang empat yang akan segera beroperasi di Kulonprogo pada awal tahun mendatang,” kata Sumantoyo. (*)


TAGS: Kulonprogo  DPRD 

SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini