Selasa, 18 Mei 2021,


penyerapan-anggaran-triwulan-pertama-2021-minim-ini-sebabnyaBupati Klaten Sri Mulyani membuka Rakorlak Pembangunan Triwulan Pertama tahun 2021. (istimewa)


Masal Gurusinga
Penyerapan Anggaran Triwulan Pertama 2021 Minim, Ini Sebabnya

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN -- Kepala Bagian Pembangunan Klaten, Fadzar Indriawan, mengatakan ada deviasi pada sejumlah kegiatan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Deviasi terjadi disebabkan aturan atau regulasi baru dan minimnya penyerapan anggaran.


“Ada 17 OPD dengan deviasi minus 5 persen, 21 OPD minus 1 hingga 5 persen dan 12 OPD yang deviasinya plus,” kata Fadzar Indriawan pada Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan (Rakorlak) Pembangunan Triwulan Pertama tahun 2021 di pendapa pemkab sempat, Selasa (20/4/2021).


Menurut dia, masih adanya deviasi itu karena hambatan teknis belum sempurnanya Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang berdampak belum optimalnya penyerapan anggaran.

Pada 2021, Pemkab Klaten memliki 312 program, 623 kegiatan dan 1.807 sub kegiatan. Empat kelompok keuangan yakni belanja investasi, belanja modal, belanja tak terduga dan belanja transfer.


Bupati Sri Mulyani, Sekda Jaka Sawaldi dan para Asisten Sekda hadir langsung dalam acara tersebut. Sri Mulyani memerintahkan pembuat program masing-masing OPD untuk disiplin sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) dan memastikan seluruh anggaran di DPA bisa dilaksanakan tepat waktu, sasaran dan manfaat serta peningkatan kualitas SDM.


Kepada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa agar selalu mengikuti perkembangan karena aturan sangat dinamis dan selalu berkoordinasi dengan OPD terkait.


Bupati juga meminta pada 2022 tidak hanya untuk kegiatan pembangunan fisik, namun fokus pada kegiatan prioritas agar hasil yang diperoleh maksimal sesuai arahan presiden yakni fokus pembangunan ekonomi.

Ke depan, bupati juga meminta agar pada awal tahun sudah dipersiapkan dokumen pendukung. Pada Maret kegiatan sudah bisa dilaksanakan dengan harapan tidak ada perpanjangan waktu pada akhir tahun anggaran. (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini