atas1

Penggali Makam pun Mendapat Bingkisan

Senin, 27 Mei 2019 | 23:27:52 WIB, Dilihat 407 Kali - Oleh Muhammad Zukhronnee Ms

SHARE


Penggali Makam pun Mendapat Bingkisan Para penerima sedang mengantri Bingkisan Senyum Ramadhan dan Bisharoh penjaga masjid, kaum rohis dan penjaga makam, Badan Amil Zakat Nasional Kota Yogyakarta, Senin (27/5/2019) di masjid Diponegoro, Kompleks Balai Kota Yogyakarta. (muhammad zukhronnee ms/koranbernas.id)

Baca Juga : e-Pesta Ciptakan Kenyamanan Berwisata


KORANBERNAS.ID -- Lebih dari 500 pengurus masjid, kaum rohis dan penggali makam yang bertugas di masjid seluruh kota Yogyakarta menerima bingkisan dan bisharoh dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta. Bingkisan yang diberi nama Paket Senyum Ramadhan ini diberikan Senin (27/5/2019) di masjid Diponegoro, Kompleks Balai Kota Yogyakarta.

Dashim, lelaki berusia 76 tahun yang mengabdikan diri untuk menjaga masjid di pinggir sungai Gajah Wong mengaku sangat bahagia medapat perhatian seperti. "Seneng, biasane yo entuk seka tangga-tangga, tapi sing iki beda, rasane wes kaya diopeni pemerintah," terangnya kepada koranbernas.id.

Dashim mengaku, puluhan tahun mengabdikan diri di masjid hanya karena ingin belajar agama. Ini adalah tahun keduanya hadir menerima bingkisan dari BAZNAS Kota Yogyakarta.

Adi Soeprapto, Wakil Ketua Baznas Kota Yogyakarta mengaku memang baru dua tahun ini memasukkan kaum rohis dan penjaga makam kedalam daftar yang menerima Paket Senyum Ramadhan. "Hal ini tentu karena kedua unsur ini layak menerima. mereka merupakan orang-orang yang bekerja di bidang dakwah dan belum ada yang mengcover untuk meningkatkan kesejahteraan mereka," paparnya.

"Yang jelas kami dari baznas mengambil peran agar supaya insan-insan yang terjun di bidang dakwah masyarakat itu bisa meningkat kesejahteraannya," imbuh Pria yang konsentrasi dalam bidang pungutan dan pentasharufan di Baznas Kota Yogyakarta ini.

Wakil Walikota Heroe Poerwadi menyerahkan Paket Senyum Ramadhan kepada wakil kaum rohis masjid pada acara Pentasharufan berbagi shadaqah Bingkisan Senyum Ramadhan dan Bisharoh penjaga masjid, kaum rohis dan penjaga makam, Badan Amil Zakat Nasional Kota Yogyakarta, Senin (27/5/2019) di Masjid Diponegoro, Kompleks Balai Kota Yogyakarta. (muhammad zukhronnee ms/koranbernas.id)

Dengan Kementerian Agama, melalui Kantor Urusan Agama yang ada ditiap kecamatan seluruh Kota Yogyakarta, Baznas Kota Yogyakarta ingin meningkatkan cakupan kegiatan sosial seperti agar lebih banyak lagi yang menerima realisasi Baznas selain penerima Zakat rutin. Salah satunya yang akan segera dikerjakan yaitu pelatihan pramurukti jenazah.

"Tahap pertama kami akan berkoordinasi dengan pihak Kemenag untuk melakukan pelatihan pramurukti, dari pelatihan ini nantinya diharapkan akan muncul nama-nama yang layak menerima Paket Senyum Ramadhan seperti yang hari ini diterimakan kepada penjaga masjid, kaum rohis dan penjaga makam," imbuhnya.

"Hal ini sekaligus mengedukasi masyarakat tentang manfaat serta membangun kepercayaan kepada publik bahwa kami sudah mendistribusikan atau melepaskan zakat infaq dan shodaqoh sesuai dengan sasaran," pungkas Adi.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menambahkan bahwa pemerintah kota dan teman-teman Aparatur Sipil Negara (ASN) terus menerus meningkatkan penyaluran zakat melalui Baznas. "Selain itu, bisa juga melakukan kegiatan seperti saat ini, yaitu menyalurkan sodaqah kepada penjaga masjid, kaum rohis dan penggali makam, hal demikian ini menguatkan kita semua," paparnya.

"Salah satu diantara yang paling menonjol diantara yang paling menonjol dari ibadah-ibadah sosial memang kegiatan-kegiatan berbagi seperti saat ini, hal ini merupakan kekuatan saling menjaga dan memberi kebahagiaan. yang penting dan menjadi ciri khas ibadah puasa adalah berkumpul dengan keluarga sehingga apa yang diberikan pada hari ini bisa membeli kebahagiaan kepada keluarga saat berkumpul nanti," tandasnya.(yve)



Senin, 27 Mei 2019, 23:27:52 WIB Oleh : Nila Jalasutra 401 View
e-Pesta Ciptakan Kenyamanan Berwisata
Senin, 27 Mei 2019, 23:27:52 WIB Oleh : Nila Jalasutra 503 View
PMI Sleman Sediakan Darah Gratis Sejumlah 10 Ribu Kantong
Senin, 27 Mei 2019, 23:27:52 WIB Oleh : Nila Jalasutra 366 View
Seluruh Pintu Masuk DIY Dipantau

Tuliskan Komentar