Selasa, 07 Des 2021,


penerbitan-surat-tilang-lalu-lintas-menurun-saat-pandemiSosialisasi Rencana Anggaran Polri Tahun Anggaran 2022 di Mapolres Kebumen, Kamis (25/11/2021). (nanang w hartono/koranbernas.id)


Nanang W Hartono
Penerbitan Surat Tilang Lalu Lintas Menurun Saat Pandemi

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Saat pandemi Covid-19, penerbitan bukti pelanggaran (tilang) lalu lintas menurun. Penurunan itu, tidak berarti tidak ada penegakan hukum pelanggaran lalu lintas.


Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Perencanaan pada Biro Perencanaan Polda Jateng AKBP Yudy Priyono tatkala Pemantauan dan Pendampingan Sosialisasi Alokasi Anggaran Satker Polda Jateng di Polres Kebumen, Kamis (25/11/2021).


Dokumen rencana alokasi anggaran bukan DIPA untuk Polres Kebumen diserahkan Yudy Priyono kepada Wakapolres Kebumen Kompol Edi Wibowo. Tahun anggaran 2021, Polres Kebumen direncanakan mendapatkan Rp 91,603 miliar bersumber dari APBN atau rupiah murni 95,05 persen dan Penerimaan Negara Bukan Pajak 4,95 persen.

Anggaran itu dialokasikan untuk belanja pegawai 71,24 persen, belanja barang 28,76 persen.


Yudy mengatakan, penurunan tilang dan denda tilang disebabkan tidak adanya penegakan hukum lalu lintas manual. Kebijakan itu untuk pencegahan kerumunan, jika operasi penegakan hukum pelanggaran lalu lintas secara manual, sehingga penularan Covid-19 bisa dicegah.

Penegakan hukum pelanggaran lalu lintas di sejumlah Polres termasuk Polres Kebumen, dilakukan secara elektronik, dengan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

“Dengan ETLE petugas tidak mencari pelanggar lalu lintas, tapi menemukan pelanggaran, dengan bukti rekaman ETLE," kata Yudy.

Mengenai Polsek dengan status Polsek Harkamtibmas yakni Polsek yang tidak memiliki kewenangan penyidikan, menurut dia, jika aduan atau laporan masyarakat dugaan tindak kejahatan memenuhi unsur pidana, Polsek Harkamtibmas menyerahkan hasil penyelidikan ke Satreskrim Polres.

Tidak semua perkara pidana diselesaikan sampai pengadilan. Tindak pidana dengan kerugian kecil, seperti mencuri sandal, bisa diselesaikan dengan restoraktif justice.

Di Jawa Tengah ada 129 Polsek Harkamtibmas. Di wilayah Polres Kebumen ada tiga polsek yakni Polsek Kebumen, Bonorowo dan Padureso. (*)


TAGS: Polres  Kebumen 

SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini