pendaftaran-perangkat-desa-ramai-peminatTim Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa (TP3D) Nglinggi Kecamatan Klaten Selatan seluruhnya berprofesi sebagai tenaga pendidik. (istimewa)


Masal Gurusinga
Pendaftaran Perangkat Desa Ramai Peminat

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN -- Proses pengisian perangkat desa serentak di Kabupaten Klaten dimulai Kamis (4/8/2022) dan Jumat (5/8/2022), yakni tahapan pendaftaran. Pada hari pertama pendaftaran oleh TP3D (Tim Pencalonan dan Pengangkatan Perangkat Desa), tampak ramai peminat.


Di Desa Nglinggi Kecamatan Klaten Selatan, misalnya, hanya ada satu formasi yang dibutuhkan yakni Kepala Dusun (Kadus) dua. Namun pada hari pertama pendaftaran sudah ada lima berkas yang masuk ke sekretariat TP3D di kantor desa setempat.


"Sudah ada lima pendaftar. Yang lengkap administrasi tiga orang. Yang dua dikembalikan untuk dilengkapi," kata Yuwono, TP3D Nglinggi, Kamis (4/8/2022).

Saat ditanya latar belakang pendaftar calon perangkat desa? Yuwono menjawab rata-rata belum bekerja. Kata dia, satu orang WB (wiyata bhakti) di Kantor Desa Nglinggi dan satu orang baru lulus sekolah (fresh graduate).


Untuk kelancaran proses penjaringan dan penyaringan perangkat desa, TP3D Nglinggi yang berjumlah lima personel menggandeng Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Madani Klaten.

Pemandangan serupa terjadi di Desa Tijayan Kecamatan Manisrenggo. Di desa itu formasi yang dibutuhkan hanya Kaur Perencanaan dan Tata Usaha Umum. Formasi ini kosong sekitar 1,5 tahun karena pejabat lama diterima PNS.

"Kaur yang lama diterima jadi PNS, guru. Untuk mengisi kekosongan kami mengangkat THL (Tenaga Harian Lepas)," ujar  Joko Lasono, Kepala Desa Tijayan.

Joko yang juga Ketua DPC Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Klaten ini berharap semua tahapan pengisian perangkat desa berjalan lancar dan transparan.

Dia juga meminta TP3D bekerja sesuai Perbup Klaten Nomor 30 Tahun 2022 tentang Pedoman dan Tata cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

"Yang lolos nantinya bisa bekerja dengan baik karena seorang perangkat desa tidak hanya mahir dalam IT (Information Technologi), tapi juga bisa berbaur dengan masyarakat," jelasnya.

TP3D Tijayan, Rubiyatin, mengatakan hingga siang hari sudah ada tiga berkas calon perangkat desa yang masuk ke sekretariat TP3D.

Kekosongan sejumlah formasi perangkat desa juga terjadi di wilayah Kecamatan Jogonalan. Camat Jogonalan, Sutopo, mengatakan dari 18 desa di wilayah Kecamatan Jogonalan ada 12 desa yang mengadakan penjaringan dengan 16 formasi.

Untuk kelancaran proses penjaringan perangkat desa telah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dan seluruh desa juga telah membentuk TP3D.

"Alhamdulillah semuanya sudah siap, termasuk membentuk TP3D," kata mantan Sekretaris Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten itu.

Dua dari 12 desa di wilayah Kecamatan Jogonalan yang mengadakan penjaringan perangkat desa yakni Desa Ngering untuk formasi Kepala Dusun (Kadus) dan Desa Tambakan untuk formasi Sekretaris Desa dan Kasi Pemerintahan.

Jabatan perangkat desa di Kabupaten Klaten banyak yang kosong. Kekosongan itu dikarenakan beberapa hal, diantaranya pejabat lama purnatugas, diterima bekerja di tempat lain, meninggal dunia dan lain sebagainya.

Untuk mengisi kekosongan perangkat desa tersebut, satu perangkat desa mengampu jabatan yang kosong dan ada desa yang mengangkat tenaga haran lepas. (*)


TAGS: Nglinggi  Klaten 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini