pemkab-sleman-meraih-nilai-tertinggi-pengawasan-eksternal-kearsipanKepala DPAD DIY Monika Nur Lastiyani menyerahkan laporan audit hasil pengawasan eksternal kepada Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. (istimewa)


Nila Hastuti
Pemkab Sleman Meraih Nilai Tertinggi Pengawasan Eksternal Kearsipan

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman kembali meraih nilai tertinggi pengawasan eksternal kearsipan tingkat DIY yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY.


Laporan audit hasil pengawasan eksternal diserahkan Kepala DPAD DIY, Monika Nur Lastiyani kepada Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Smartroom Bupati Sleman, Senin (21/11/2022).


Pelaksanaan audit pengawasan eksternal ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan Tim Pengawasan Eksternal DPAD DIY dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) setiap tahunnya.

Monika Nur Lastiyani menyampaikan, di dalam laporan audit eksternal hasil pengawasan kearsipan, Pemkab Sleman meraih nilai 95.83.


Pada tahun 2022, nilai yang diraih Pemkab Sleman naik signifikan dibanding tahun sebelumnya, sekaligus menjadi nilai paling tinggi tingkat DIY. “Ada peningkatan yang luar biasa," jelasnya.

Menurut dia, tahun ini terdapat perubahan pengawasan. Pada tahun sebelumnya, pengawasan internal dan eksternal dilakukan kepada 5 OPD (Organisasi Perangkat  Daerah) terbaik, sementara tahun ini hanya 2 OPD terbaik yang dilakukan pengawasan. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kabupaten/kota.

Adapun indikator dalam pengawasan eksternal antara lain berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (SDM), sarana prasarana dan empat pilar regulasi kearsipan yaitu tata naskah, sistem klasifikasi serta Jadwal Retensi Arsip (JRA).

Kustini Sri Purnomo  menyampaikan capaian yang diraih Pemkab Sleman tidak lepas dari kerja keras banyak pihak, termasuk pendampingan dari provinsi dan ANRI.

Kustini menegaskan capaian tersebut akan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja kearsipan.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih untuk semua pihak yang telah bekerja keras. Kami juga terus berupaya melakukan berbagai inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," jelas Kustini. (*)


TAGS: DPAD  perpustakaan 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini